IDENTIFIKASI KERENTANAN BENCANA LONGSOR PADA RUAS JALAN NASIONAL

  • M F Toyfur Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • S Y Iyana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • F Alia tenik sipil dan perencanaan Univeristas swijaya
Keywords: kerentanan, longsor, risiko, jalan, jembatan

Abstract

ABSTRAK: Bencana longsor merupakan salah satu bencana yang paling sering terjadi di Indonesia. Infrastruktur yang sering terdampak akibat bencana longsor adalah jalan. Jalan sebagai akses penghubung dari satu wilayah ke wilayah lain akan sangat terganggu akibat bencana longsor. Tahap awal yang dilakukan untuk melakukan penilaian risiko adalah melakukan identifikasi risiko kerentanan terhadap bencana longsor pada ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi indikator dari faktor kerentanan risiko bencana longsor pada ruas jalan Ruas Jalan Nasional Pagar Alam – Tanjung Sakti – Batas Provinsi Bengkulu yang sering terjadi longsor di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan pengumpulan indikator kerentanan ruas jalan terhadap bencana longsor dan mengumpulkan data sekunder dan data primer. Indikator yang berhasil diidentifikasi digunakan untuk penilaian risiko bencana terhadap ruas jalan tersebut. Identifikasi menghasilkan 14 indikator kerentanan fisik yang dapat digunakan untuk penilaian risiko bencana.

Kata Kunci: kerentanan, longsor, risiko, jalan, jembatan

ABSTRACT: Landslides are one of the most frequent disasters in Indonesia. The infrastructure that is often affected by landslides is roads. Roads as connecting access from one region to another will be severely disrupted due to landslides. The initial stage carried out to carry out a risk assessment is to identify the risk of vulnerability to landslides on roads. This study aims to identify indicators of vulnerability to landslide risk factors on the Pagar Alam - Tanjung Sakti - Bengkulu Province - Boundary section of the National Road, which often occurs landslides in Lahat Regency, South Sumatra. The methodology used is to collect indicators of the vulnerability of roads to landslides and collect secondary data and primary data. The indicators that were identified were used for disaster risk assessment of these roads. The identification resulted in 14 indicators of physical vulnerability that can be used for disaster risk assessment.

Keywords: vulnerability, landslides, risks, roads, bridges

Published
2021-07-08