ANALISA DENSITAS KELURUSAN TERHADAP KESTABILAN LERENG PADA DAERAH AIE ANGEK KABUPATEN SIJUNJUNG KECAMATAN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Anisa Muflihani Teknik Geologi, Universitas Sriwijaya
Keywords: Kelurusan, Automatic Lineaments Extraction, Kestabilan Lereng

Abstract

ABSTRAK: Kestabilan lereng suatu daerah dikontrol oleh banyak hal, salah satu diantaranya adalah struktur geologi yang berkembang pada daerah tersebut. Kelurusan geologi (lineaments) adalah cerminan morfologi yang teramati dipermukaan bumi sebagai hasil dari aktifitas gaya geologi dari dalam bumi. Batasan kelurusan geologi disini adalah sebuah bentukan alamiah yang direpresentasikan oleh keunikan geomorfologi seperti; kelurusan punggungan, kelurusan lembah,kelurusan sungai, kelurusan yang disebabkan oleh sesar – sesar baik itu sesar normal, naik, maupun mendatar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi suatu lereng, pada daerah penelitian yang terletak pada Daerah Aie Angek dan Sekitarnya, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang menggunakan metode Kerapatan kelurusan diproses dengan menggunakan citra satelit berupa Digital Elevation Map (DEM) yang diunduh pada laman Badan Informasi Geospasial (BIG). Citra tersebut diolah dengan menggunakan perangkat lunak Geomatica 2018 dan Arcgis dan menghasilkan peta kerapatan kelurusan dengan berbagai kelompok nilai dari tinggi hingga rendah, dengan mengetahui kondisi kestabilan lerengnya dapat dilakukan penelitian lebih lanjut sebagai langkah dalam mitigasi bencana alam berupa tanah longsor pada daerah penelitian.

Kata Kunci: Kelurusan, Automatic Lineaments Extraction, Kestabilan Lereng

ABSTRACT: Slope stability in a certain region is controlled by many reasons, one of it is geologic structure which developed in those region. Lineaments is a form of morfologic that could be observe on the earth surface as a result of the geologic force activity form inside the earth. The boundary of the term geological lineaments in this paper is a natural form which represented by geomorphological anomaly. The aim of this research is to analyze the condition of a slope, specifically in Nagari Aie Angek located in Sijunjung region Sumatera Barat Province using the Digital Elevation Map (DEM) and processed using software PCI Geomatica 2018 and Arcgis, by knowing the slope stability condition data there is possibilty to continuing the research in other aspect such as mitigation of natural disaster landslide and others.

Keywords: Lineaments, Automatic Lineaments Extraction, Slope Stability

Published
2021-07-08