PENYULUHAN DAN PEMBUATAN SPEED HUMP PADA JALAN ALTERNATIF AKSES JALAN NASIONAL DI KAWASAN PEMUKIMAN KELURAHAN GANDUS KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG

  • M. Agustien Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Rosidawani Rosidawani Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • D. Y. Permata Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • C. Indriyati Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • A. Daud Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Sriwijaya, Palembang
Keywords: jalan alternatif, alat pembatas kecepatan, speed bumb, keselamatan lalu lintas

Abstract

ABSTRAK: Akses jalan utama dari dan menuju Kecamatan Gandus saat ini adalah jalan Jl.Lettu Karim Kadir. Saat ini volume kendaraan di Jl. Lettu Karim Kadir cukup tinggi terutama pada jam sibuk pagi, siang dan sore hari. Untuk menghindari jam sibuk tersebut, banyak kendaraan yang melalui jalan-jalan alternatif yang terletak di lokasi perumahan di Kecamatan Gandus. Jalan alternatif yang dapat digunakan untuk menuju jalan nasional diantaranya adalah Jl.A.Amin Fauzi dan Jl.Tanjung Bubuk yang ada di Kecamatan Gandus, Kelurahan Gandus. Karena tata guna lahan pada kiri dan kanan ruas jalan Jl.A.Amin Fauzi dan Jl.Tanjung Bubuk di dominasi oleh perumahan maka peningkatan jumlah kendaraan yang melalui ruas jalan tersebut dan banyaknya kendaraan yang melintas dengan kecepatan tinggi menyebabkan warga masyarakat khawatir akan keselamatan mereka, oleh karena itu maka dibutuhkan alat pengendali kecepatan. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan penyuluhan dan pembuatan alat pengendali kendaraan berupa alat pembatas kecepatan speed bumb atau yang di kenal dikalangan masyarakat dengan istilah “polisi tidur”. yang sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan yang berlaku. Pada umumnya masyarakat antusias mengikuti kegiatan ini dan setelah mendapatkan penyuluhan mereka mengetahui cara membuat alat pembatas kecepatan berupa speed hump sesuai dengan aturan yang berlaku serta dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas di Jl.A.Amin Fauzi dan Jl.Tanjung Bubuk Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus dan Kota Palembang pada umumnya.

Kata Kunci: jalan alternatif, alat pembatas kecepatan, speed bumb, keselamatan lalu lintas

ABSTRACT: The main road access to and from Gandus District from the current national road is through Jl.Lettu Karim Kadir. Currently, the volume of vehicles on Jl. Lettu Karim Kadir is quite high, especially during the morning, afternoon and evening rush hours. To avoid this rush hour, many vehicles travel through alternative roads which are located in residential locations in Gandus District. Alternative roads that can be used to get to national roads include Jl.A.Amin Fauzi and Jl.Tanjung Bubuk in Kecamatan Gandus, Kelurahan Gandus. Because the land use on the left and right of the roads on Jl.A.Amin Fauzi and Jl.Tanjung Powder is dominated by housing, the increase in the number of vehicles passing through these roads and the number of vehicles passing at high speed causes residents to worry about their safety therefore speed limiting devices are needed in these area. In this community service activity, there is counseling and the manufacture of vehicle controllers in the form of speed limiting devices or what is known among the public as "polisi tidur” in accordance with the prevailing laws and regulations. In general, the community is enthusiastic about participating in this activity and after receiving counseling they know how to make a speed limiting device in the form of a speed hump in accordance with applicable regulations and can improve traffic safety in Jl.A.Amin Fauzi and Jl.Tanjung Bubuk Gandus Village, Gandus District and Palembang City in general.

Keywords: alternative roads, speed limiting device, speed bumb, traffic safety

Published
2021-07-13