UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS HOTS DENGAN MEDIA ONLINE BAGI GURU- GURU PKN SMA DI KABUPATEN OGAN ILIR

  • Ermanovida Ermanovida Ilmu Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • U. Chotimah FKIP PPKN, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Kurnisar Kurnisar FKIP PPKN, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • A. Saptawan Ilmu Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • T. Khairunnisyah Ilmu Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • A. U. Putri Ilmu Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya, Palembang
Keywords: HOTS, Pembangunan karakter, Penyuluhan

Abstract

ABSTRAK: Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 21 SMA dan 2 SMK yangada di Kabupaten tersebut. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari dua tahap yaitu secara online dan offline. Secara Offline Guru akan di informasikan dan diundang untuk datang ke SMA Negeri 1 Indralaya dan akan dipandu dalam menggunakan media online melalui aplikasi zoom, google meet, whatsapp, youtube dan pemberian materi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis HOTS dan secara Online guru akan di informasikan dan diundang untuk masuk ke aplikasi Zoom, melakukan penyuluhan dengan menjelaskan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis HOTS dengan media online. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bentuknya adalah visitasi dan penyuluhan dengan media online kepada guru-guru PKN sebagai upaya pembangunan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis HOTS di 21 SMA Negeri dan 2 SMK di Kabupaten Ogan Ilir. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan penyuluhan yaitu respon guru-guru pada saat kegiatan berlangsung dan guru-guru mengerti apa yang dipandu pada saat pelatihan dan bisa menerapkan pada saat uji coba penggunaan media online dalam pembelajaran. Selain itu, juga dilihat dari respon khalayak sasaran pada saat diskusi. Sehingga setelah diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan guru-guru dapat meningkatkan pembangunan karakter dan menerapkan berbelajaran berbasis HOTS.

Kata Kunci: HOTS, Pembangunan karakter, Penyuluhan

ABSTRACT: Community service activities are carried out in Ogan Ilir as many as 21 SMA and 2 SMK in the area. The implementation of the activity consists of two stages, namely online and offline. In offline, the teacher will be informed and invited to come to SMA Negeri 1 Indralaya and will be guided in using online media through the zoom application, google meet, whatsapp, youtube and providing HOTS-based civic education learning materials. Meanwhile, for online, teachers will be informed and invited to Enter the Zoom application, provide counseling by explaining HOTS-based citizenship education learning using online media. The method used in this community service activity is in the form of visitations and counseling with online media to PKN teachers as an effort to build character in HOTS-based Citizenship Education in 21 SMA Negeri and 2 SMK in Ogan Ilir Regency. The results and outputs of activities after counseling are carried out, namely the response of the teachers during the activity and the teachers understand what is being guided during the training and can apply it when testing the use of online media in learning. In addition, it is also seen from the response of the target audience during the discussion. So that after holding these community service activities, it is hoped that teachers can improve character development and apply HOTS-based learning.

Keywords: HOTS, character building, education

Published
2021-07-13