PERHITUNGAN DEBIT LIMPASAN UNTUK MENENTUKAN DESAIN SUMP PT ASARI, KABUPATEN BUNGO, JAMBI

  • W. A. Putri Universitas Jambi
  • T. Amelia Universitas Jambi
  • J. Wiratama Universitas Jambi
Keywords: debit limpasan, curah hujan, catchment area, dimensi sump

Abstract

PT Akat Srida Amri adalah perusahaan yang bergerak dalam pertambangan batubara dimana proses penambangan akan membuat cekungan saat mengambil material. Pada PT Akat Srida Amri penanganan masalah air belum terlihat maksimal dimana sump yang ada tidak dibuat sesuai dengan masuknya air ke front penambangan serta kapasitas pompa yang digunakan untuk memindahkan air dari sump ke settiling pond tidak sesuai dengan air yang akan dipompa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendesain kolam penampungan (sump) yang sesuai dengan perhitungan air yang masuk ke front penambangan serta pemilihan pompa yang sesuai agar air tidak menggenang dan menganggu aktivitas penambangan. Metode yang dilakukan untuk menentukan desain sump yaitu dengan menghitung data curah hujan selama 10 tahun terakhir yang kemudian akan didispersi, menentukan koefisien limpasan serta luasan catchment area. Setelah dilakukan analisis sesuai metode dispersi, perhitungan J. C. Gumbell, dan perhitungan debit air limpasan maka didapat hasil perhitungan debit air limpasan yang diperkirakan masuk sebesar 15.781,20915 m3/hari, sehingga rekomendasi rencana dimensi sump yang akan dibuat agar dapat menampung sesuai debit air limpasan serta sesuai KEPMEN 1827K/30/MEM/2018 yaitu panjang alas 65,5m, lebar alas 30m, panjang permukaan 81,5m, lebar permukaan 45m dan kedalaman 6m. Untuk penanganan pompa agar bekerja lebih efektif, PT ASARI harus menjadwalkan dan merealisasikan jam kerja pompa selama 10 jam perhari, meletakkan atau menanam tiang pengukur air di dalam sump, serta dapat juga melakukan penambahan engine pada mesin pompa agar kekuatan daya pompa dapat lebih tinggi lagi.

References

[1] Rusdiana, Lina Rianti, M. Ikbal Aziz., (2020). Kajian Teknik Aktifitas Dewatering Di Area Penambangan IUP PT Duta Alam Sumatera Periode Bulan Maret Tahun 2020, Jurnal Teknik Patra Akademika 11 (01), 64-75.

[2] Christiria Frilisa, Harjuni Hasan, Shalaho Dina Devy., (2017). Rencana Penyaliran Tambang Pada PIT SMD-1 PT. Kideco Jaya Agung Sub PT. Petrosea Tbk Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Jurnal Teknologi Mineral FT. UNMUL 5 (2), 1-15.

[3] Pangestu Nugeraha, Muhammad Bahtiyar R., Heru Suryadi., (2017). Kajian Teknik Sistem Penyaliran Tambang Batubara Pada Pit 71n Dan Inpitdump 71 Di Pt. Perkasa Inakakerta Site Bengalon Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timu, Prosoding Seminar Nasional XII “Rekayasa Teknologi Industri da Informasi 2017, Yogyakarta : Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta.

[4] Rizky Prima, Muhammad Amun, M. Akib A., (2014). Kajian Teknik Pengeringan Sump Situ Patenggang Untuk Menambang Batubara Lapisan C Di Pit Tambang Air Laya PT. Pamapersada Nusantara Job Site Tanjung Enim Sumatera Selatan. Jurnal Pertambangan.

[5] Mutiara Nur F., Yunus Ashari, Elfida Moralista, (2021). Perencanaan Sistem Penyaliran dan Peompaan pada Tambang Terbuka di PT X Desa Tagalega, Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jurnal Riset Teknik Pertambangan 1 (1), 39-46.

[6] Keputusan Meteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30/MEM/2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Tekik Pertambangan Yang Baik.

[7] Syarifuddin, Sri Widodo, Arif Nurwakito, (2017). Kajian Sistem Penyaliran Pada Tambang Terbuka Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Jurnal Geomine 5 (2), 84-89.

[8] Stella Putri P., Tamrin Kasim, (2019). Perencanaan Ssitem Penyaliran Tambang Batubara Bawah Tanah Seam C1 Blok Timur Site Sapan Dalam PT Nusa Alam Lestari Desa Salak, Sapan Dalam, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Jurnal Bina Tambang 4 (1).

[9] Aris Rinaldi, (2016). Analisis Keputusan Hidrogeologi : Optimasi Sump pada Sistem Tambang Terbuka,. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan Ke-1 Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia (PIT-PAAI) 16-17 November, Bandung

[10] Dwi Hariana P., Drs. Rusli Har M.T., Drs. Tamrin Kasim, M. T., (2018). Evaluasi Sistem Dewatering Pada Tambang Emas Bawah Tanah Ciurulug L.450 Bagian Selatan Di Upbe Pongkor PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk.
Published
2022-12-04
Section
Articles