PREDIKSI PEMBENTUKAN MATERIAL LUMPUR DI PIT TAL BARAT PT BUKIT ASAM

  • H. Waristian Universitas Sriwijaya
  • M. T. Toha Universitas Sriwijaya
  • Bochori . Universitas Sriwijaya
Keywords: Lumpur, USLE, Sediment Yield

Abstract

Lumpur pada main sump akan mengganggu efisiensi kerja pompa untuk mengeluarkan air dari sump utama. Tingginya tingkat erosi material tanah yang terbawa hujan mengakibatkan main sump dipenuhi oleh lumpur dan aktivitas penirisan tambang terhenti. Terhentinya aktivitas tersebut akan menyebabkan gangguan terhadap produksi material sehingga akan berpengaruh pada kemajuan tambang dan potensi bahaya longsoran lereng di samping terganggunya aktivitas penirisan tambang. Untuk meminimalisir dampak tersebut diperlukan studi dalam mengetahui potensi jumlah pembentukan material lumpur pada setiap sisi Pit TAL Barat PTBA. Metode USLE merupakan salah satu metode untuk memprediksi laju sedimentasi sehingga volume lumpur yang terbentuk pada main sump dapat diprediksi. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai faktor erosivitas hujan sebesar 2.826,7 kJ/Ha. Erodibilitas tanah sebesar 0,16 dan 0,47 yang didominasi tanah podzolik merah dan alluvial. Nilai faktor panjang dan kemiringan lereng berada pada rentang 1,4-3,1. Faktor tutupan dan konversi lahan pertambangan sebesar 1. Berdasarkan hasil kajian tersebut didapatkan prediksi jumlah material lumpur (sediment yield) yang terbentuk sebesar 538.225 BCM/Tahun dengan nilai SDR sebesar 0,29 hingga 0,31.

References

[1] Abdurachman, A. (1989). Rainfall Erosivity and Soil Erodibility in Indonesia: Estimation and Variation with Time.University of Ghent, Belgium.

[2] Kironoto, B. A. (2003). Transpor Sedimen. PPS-Teknik Sipil, Yogyakarta.

[3] Afrianto, S. Dkk. (2019). Penimbunan Material Lumpur Cair Dengan Menggunakan Metode Sliding Pad. Prosiding TPT PERHAPI.

[4] Hermiawati. (2006). Analisis Perbandingan Pendugaan Erosi Menggunakan Metode Usle dan Unit Spas pada Model Das Mikro (Studi Kasus Pada DTA Cilebak, Sub DAS Citarum Hulu). Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

[5] Cahyono, BK., Hakim , L., Adhi, AD., (2017). Perhitungan Kecepatan Sedimentasi Melalui Pendekatan USLE dan Pengukuran Kandungan Tanah Dalam Air Sungai Yang masuk Ke Dalam Waduk Sermo. Jurnal Nasional Teknologi Terapan, 1(1), 8-23.

[6] Girsang, TR, Ibrahim. E, Mukiat., (2017). Perencanaan Teknis Sistem Penyaliran Tambang Terbuka di PT.Bara Anugrah Sejahtera Muara Enim Sumatera Selatan. Jurnal pertambangan, 1(2).

[7] Kodoatie, RJ., (1996) Pengantar Hidrologi. Yogyakarta : Andi Offset.

[8] Tresnawati. (1991). Prediksi Erosi dengan Menggunakan Metode USLE (Universal Soil Loss Equation) pada Beberapa Kecamatan di Kabupaten Sukabumi serta Menentukkan Pola Penanaman dan Tindakan Konservasi yang Tepat. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

[9] Warhadi, A. (2018). Kajian Teknis Sistem Penyaliran Area Tambang Pada Front B PT.Genesha Minerals Jaya Kab Sorolangun Prov Jambi. Skripsi, STTIND Padang.

[10] Suripin. (2002). Pelestarian Sumberdaya Tanah dan Air. Yogyakarta : Andi Offset.
Published
2022-09-23
Section
Articles