POLA KEBIJAKAN PERTAMBANGAN DALAM PENYUSUNAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SUMATERA SELATAN BERDASARKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING

  • O. Sari Universitas Sriwijaya
  • M. Yusuf Universitas Sriwijaya
  • A. Saptawan Universitas Sriwijaya
Keywords: program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, analisis multidimensional scaling, pengelompokan wilayah, sumatera selatan

Abstract

Industri pertambangan wajib memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama komunitas lokal di sekitar wilayah operasi dan membantu terciptanya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan kewajiban Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Namun pada kenyataannya, program PPM tidak berjalan maksimal dikarenakan program yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan program PPM yang sesuai dengan kondisi wilayah di tiap kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Data yang digunakan adalah data tiap kabupaten di Sumatera Selatan dari tahun 2019 sampai 2021 berupa data aspek pertambangan, ekonomi dan sosial yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan  Dinas ESDM Provinsi Sumsel. Data aspek teknis pertambangan yaitu jumlah IUP, Realisasi Rencana Reklamasi (RR), jumlah pelaporan RR, Realisasi Rencana Pascatambang (RPT), jumlah pelaporan RPT, jumlah pelaporan PPM, dan total realisasi PPM. Data aspek ekonomi yaitu data Pendapatan Perkapita, PDRB, PDRB Sektor Pertambangan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan persentase penduduk miskin. Data aspek sosial yaitu pendidikan, kesehatan, kriminalitas, perumahan, dan agama. Data tersebut akan dianalisis menggunakan analisis multidimensional scaling. Dari hasil analisis, didapatkan 10 (sepuluh) kelompok wilayah berdasarkan karakteristik masing-masing, sehingga dihasilkan 10 (sepuluh) pola kebijakan  dalam menunjang perencanaan program PPM agar tepat guna dan tepat sasaran di Sumatera Selatan.

References

[1] Garaika. (2020). Urgency Corporate Social Responsibility (CSR) Towards Corporate Development in Indonesia. International Journal of Economics Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(2), 310-315.

[2] Rahayu, S. dan Yetniwati. (2021). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pertambangan Batubara melalui Program PPM. Zaaken: Journal of Civil dan Bussiness Law, 2(2), 221-230.

[3] Ridwan, M. dan Sundoyo. (2020). Kajian PPM Tambang Batubara Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat pada PT.Baramulti Suksessarana Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Geologi Pertambangan, 27(1), 1-13.

[4] Nahar, J. (2019). Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Pemetaan Sarana Kesehatan di Jawa Barat. Jurnal Matematika Integratif, 12 (1), 43-50.

[5] Sumin. (2017). Penerapan Analisis MDS untuk Memetakan Persepi Stakeholders terhadap Lulusan IAIN Pontianak. At-turats Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 11(2), 97-104.

[6] Prawoto. (2012). Model PPM Berbasis Kemandirian untuk Mewudkan Ketahanan Pangan (Strategi Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi pada Masyarakat Dieng di Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Organisasi dan Manajemen., 8(2), 135-154.

[7] Ismoyowati, D., Mafruhah, I., Mulyani, NS., dan Istiqomah, N., (2019). Pengembangan Inovasi Model Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Pacitan. Zaaken: Journal of Civil dan Bussiness Law, 2(2), 221-230.

[8] Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan. (2021). Sumatera Selatan dalam Angka. Palembang.

[9] Khairani, R., dan Ariesa, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kriminalitas di Sumatera Selatan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 4 (2), 99-110.

[10] Waristian, H. (2016). Pemetaan Potensi Sektor Pertambangan Provinsi Sumsel Melalui Penggunaan Multidimensional Scaling. Prosiding AVoER, Palembang: Fakultas Teknik UNSRI.
Published
2022-12-08
Section
Articles