HUBUNGAN SEBARAN CLEAT DENGAN NILAI PROXIMATE BATUBARA PADA PERTAMBANGAN BATUBARA PT. BUKIT ASAM

  • AY. Edwar Universitas Sriwijaya
  • E. Ibrahim Universitas Sriwijaya
  • S. Haryati Universitas Sriwijaya
Keywords: Face Cleat, Windows Sampling, Proximate

Abstract

Pertambangan batubara merupakan salah satu dari sekian banyak jenis pertambangan di Indonesia. Secara geologi, keterbentukan batubara di Indonesia sendiri dapat dibedakan menjadi tiga cekungan, yaitu intramontana, cekungan daratan-muka (foreland basin, back deep basin), dan cekungan delta. Batubara yang terendapkan memberikan kenampakan geologi. Salah satu kenampakan tersebut adalah cleat pada batubara. Cleat pada batubara merupakan rengkahan yang ada pada batubara. Terdapat dua jenis cleat pada batubara, yaitu face cleat dan butt cleat, namun pada penelitian ini akan lebih memfokuskan penelitian pada face cleat. Penelitian terdahulu mengenai cleat pada umumnya lebih mengarah pada pengaruhnya terhadap keterbentukan CBM, namun belum ada yang membahas mengenai hubungan keterdapatan cleat terhadap nilai proximate batubara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari persebaran cleat batubara terhadap nilai dari proximate batubara. Nilai proximate yang diperoleh akan dibandingkan dengan nilai dari cleat yang diteliti. Nilai cleat yang diteliti adalah banyak cleat yang terbentuk, densitas cleat, serta arah persebaran cleat. Pengumpulan data cleat tersebut dilakukan dengan menggunakan metode windows sampling, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu pengumpulan data berbentuk angka. Sampel yang diuji berasal dari wilayah penambangan bukit asam, diantaranya TSBC, suban timur, dan bangko barat. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara nilai fixed carbon dari batubara dengan total arah sebaran dari cleat, sedangkan untuk banyaknya cleat yang terbentuk pada permukaan batubara, cendrung searah dengan pergerakan dari total moisture, volatile meter, dan ash content.

References

[1] Larry, T.(2013).Coal Geology. India : Wiley-Blackwell Publication.

[2] Permana, AP., Panggabean, H.(2011). Cleat Characteristics in Tertiary Coal of The Muaraenim Formation, Bangko Area, South Sumatera Basin: Implications For Coalbed Gas Potential.Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral, 1(5).

[3] Brook, MS., Hebblewhite, BW., Mitra, R. (2016). Cleat aperture-size distributions: A case study from the Late Permian Rangal Coal Measures, Bowen Basin, Australia. International Journal of Coal Geology, 168(2), 186-192.

[4] Rodrigues, CF., Laiginhas, C., Fernandes, M., Sousa, MJL., Dinis, MAP. (2014). The coal cleat system: A new approach to its study.Journal of Rock Mechanics and Geotechnical Engineering, 6(3), 208-218.

[5] Busse, J., Dreuzy, JR., Torres, SG., Bringemeier, D., Scheuermann, A.(2016). Image Processing Based Characterisation of Coal Cleat Networks. International Journal of Coal Geology, Elsivier, 169, 1-21.

[6] Krestanu, A., Iqbal, M., Fernando, RE., Herawati., Puadi, M.(2016). Karakteristik Cleat Batubara Terhadap Intensitas Struktur pada Desa Merapi Timur, Kabupaten Lahat di Formasi Muara Enim, Cekungan Sumatera Selatan. Proceeding, Seminar Nasional Kebumian, 9.

[7] Prasongko, BK.(2012). Cleat pada Lapisan Batubara dan Aplikasinya di dalam Industri Pertambangan. Prosiding Simposium dan Seminar Geomekanika, 1.

[8] Maulana, T., Anggara F.(2016). Hubungan Sistem Cleat dengan Permeabilitas Batubara Peringkat Rendah, pada Tambang Banko Barat, Muara Enim, Sumatera Selatan. Proceeding Seminar Nasional Kebumian, 9.

[9] Nazaralizadeh, S., Rasouli, V.(2011). Stress Induced Permeability Changes due to Production from a Coal Seam, Asia Pacific Coalbed Methane Symposium, 3(45).

[10] Sunarsi, D.(2016). Hubungan Pengendalian Diri dengan Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester I, Kelas 510 dan 511, Tahun Akademik 2015/2016, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2).

[11] Mostagimi, P., Armstrong, RT., Gerami, A., Hu, Y., Jing, Yu., Kamali, F., Liu, M., Liu, Z., Lu, Xiao., Ramandi, HL., Zamani, A., Zhang, Y.(2017). Cleat-scale Characterisation of coal: An Overview. Journal of Natural Gas Science and Engineering, Elsevier, 39, 143-160.

[12] Teng, T., Feng, G., Yang, J., Yi, X.(2017). How moisture loss affects coal porosity and permeability during gas recovery in wet reservoirs?. International Journal of Mining Science and Technology, 27(6), 899-906.
Published
2021-06-18
Section
Articles