GEOMETRI PELEDAKAN BERDASARKAN ROCK MASS RATING (RMR) DAN FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN

  • Aprilliana . Universitas Sriwijaya
  • M.T. Toha Universitas Sriwijaya
  • BK. Susilo Universitas Sriwijaya
Keywords: RMR, Peledakan, Splitdesktop

Abstract

Peledakan merupakan salah satu metode pembongkaran lapisan batuan. Hasil dari peledakan ini adalah fragmentasi batuan yang berukuran beragam. Salah satu faktor yang mempengaruhi ukuran fragmentasi ini sangat dipengaruhi oleh geometri peledakan. Geometri peledakan sulit untuk dievaluasi karena belum pernah melakukan analisis fragmentasi hasil peledakan menggunakan software. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi geometri peledakan, Identifikasi kelas massa batuan menggunakan Rock Mass Rating (RMR), dan menganalisis fragmentasi hasil peledakan. Metode identifikasi kelas massa batuan dalam penelitian ini menggunakan metode rock mass rating (RMR) meliputi kuat tekan batuan, rock quality designation (RQD), jarak diskontinuity, kondisi diskontinuity, dan air tanah. Sedangkan fragmentasi hasil peledakan dianalisis menggunakan software split desktop. Pada analisis ini foto fragmentasi hasil peledakan di front dan di disposal diambil langsung sebagai data utama yang menjadi dasar dari analisis ini. Berdasarkan hasil analisis RMR diketahui bahwa batuan yang dibongkar adalah jenis claystone dengan rating kuat tekan 1, RQD 8, Jarak diskontinuitas 15, kondisi diskontinuitas 0, kondisi air tanah 15. Jadi total rating RMR 39 yang berarti batuan ini tergolong batuan jelek atau lunak. data diketahui bahwa batuan yang diledakkan merupakan jenis claystone kelas IV yang berarti jelek atau lunak, Hasil analisis fragmentasi hasil peledakan di disposal lebih kecil dan seragam dibandingkan dengan fragmentasi di front, perbedaan ukuran fragmentasi ini akibat adanya pengaruh dari aktivitas gali muat dan angkut material dari front ke disposal. Produktivitas excavator sudah sesuai dengan buku panduan yang berarti fragmentasi hasil peledakan sudah baik sehingga geometri peledakan tidak perlu diperbaiki.

References

[1] Pebrianto, R. dkk. (2014). Evaluation Of Factors Affecting Ripping Productivity In Open Pit Mining Excavation. Electronic Journal Geotechnical Engineering.

[2] H.Wang, H. Lin, P. Cao.(2017). Correlation of UCS rating with schmidth hammer surface hardness for rock mass classification. Rock mechanic and rock engineering. Springer.

[3] Hasanah, N.(2019). Alternatif penentuan UCS batu lempung dari point load strength index dan rebound number schmidth hammer. Jurnal Geosapta 5 (2).

[4] Purwandanu, (2020). Parameter yang mempengaruhi produktivitas peledakan dan sistem shovel dumptruck. Jurnal pertambangan 4(2).

[5] Ghadafi, M. G., S. Komar, dan D. Sudarmono. (2014). Kajian Teknis Geometri Peledakan Berdasarkan Analisis Blastability Index dan Digging Rate Alat Gali – Muat Di Pit MT-4 Tambang Airlaya PT. Bukit Asam (Persero) Tbk. Jurnal Ilmu Teknik Vol. 3 No 5, Universitas Sriwijaya.

[6] Badai, M.A., (2017). Kajian Teknis Redesign Geometri Peledakan Untuk Mengurangi Boulder Dan Maningkatkan Produktivitas Alat Gali Muat Pada Quarry Pussar PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk. Universitas Sriwijaya.

[7] Budiman, A. A., Emi P. U., Muhammad R. A. (2016). Analisis Powder Factor dan Fragmentasi Hasil Peledakan Menggunakan Perhitungan Kuz-ram pada Tambang Batubara di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Geomine Vol. 4 No.2.

[8] Hasria. dkk. (2019). Klasifikasi Kualitas Masssa Batuan Dengan Metode Rock Mass Rating (RMR) Terhadap Kestabilan Lereng Pada Kecamatan Wolasi, Konawe Selatan, Sulawesi Selatan. Jurnal Rekayasa Geofisika Indonesia.

[9] Balasubramanian, A. (2017). Rock Blasting For Mining. Centre for Advanced Studies in Earth Science: University of Mysore.

[10] Munawir. (2015). Analisis Geometri Peledakan Terhadap Ukuran Fragmentasi Overburden Pada Tambang Batubara PT. Pama Persada Nusantara Jobsite Adaro Kalimantan Selatan. Jurnal Geomine 1,9 – 13.

[11] Frianto, R., dkk. (2014). Kajian Teknik Geometri Peledakan Pada Keberhasilan Pembongkaran Overburden Berdasarkan Fragmentasi Hasil Peledakan. Jurnal Ilmiah Fisika Fmipa Universitas Lambung Mangkurat.

[12] Safarudin, dkk. (2016). Analisis Pengaruh Geometri Peledakan Terhadap Fragmentasi dan Digging Time Material Blasting. Jurnal JPE-UNHAS.

[13] Sereshki, F. (2016). Fragmentation measurement using image processing. Faculty of engineering, petroleum & geophysics engineering, University of shahrood. Doi 10.22059/IJMGE.2016.59831.
Published
2021-06-18
Section
Articles