ANALISIS INVESTASI PENGGANTIAN ALAT MEKANIS DALAM KEGIATAN PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP

  • Y. Megasukma Universitas Jambi
  • B. Adhitya Universitas Jambi
  • J. Wiratama Universitas Jambi
  • MI. Lagowa Universitas Jambi
  • Sartika . Politeknik Negeri Ketapang
Keywords: Ketersediaan alat, overburden, investasi, NPV, CBA

Abstract

Dengan adanya ketersediaan alat gali muat Hitachi ZX 350 sebesar 42% dan alat angkut Scania P380 sebesar 70% yang artinya penggunaan alat mekanis tidak optimal karena sering mengalami kerusakan menyebabkan target pengupasan overburden tidak tercapai. Pada perencanaan kegiatan operasi produksi, performa alat mekanis menjadi salah satu variabel penentu dalam tingkat keberhasilan pencapaian produksi. Dalam mengatasi masalah tersebut PT Mega Bara Semesta harus mempertimbangkan keputusan investasi dengan mengganti alat mekanis yang ada dalam upaya keberlanjutan proyek mengingat umur proyek memiliki sisa waktu operasional 3 tahun. Pertimbangan dalam analisis investasi diberikan dua alternatif yaitu dengan sewa atau membeli alat mekanis yang baru. Penelitian dilakukan dengan tujuan menguji faktor finansial dengan analisis investasi menggunakan metode NPV, lalu hasil tersebut dianalisis dengan metode CBA membandingkan antara nilai ekuivalen dari semua potensi benefit dan biaya yang dibebankan kepada perusahaan. Hasil pada metode NPV menunjukkan bahwa pada alternatif beli akan bernilai –3,3 miliar rupiah dan alternatif sewa bernilai 3,17 miliar rupiah. Hasil pada metode CBA didapatkan nilai BCR pada alternatif sewa proyek bernilai 1,11 dan alternatif beli nilai BCR sebesar 0,92. Berdasarkan kriteria analisis NPV dan CBA menunjukkan hasil yang sama yang artinya jika perusahaan memilih investasi baru untuk sewa alat, maka proyek ini dapat diterima karena melewati titik balik dan mengalami keuntungan dibandingkan dengan investasi beli alat-alat mekanis yang baru.

References

[1] Hustrulid, W., Kuchta, M., dan Martin, R. (2013). Open Pit Mine Planning And Design Volume 1 3Rd Edition. New York: CRC Press.

[2] Annisa, WON., Murad, M. (2018). Analisis Investasi Pengadaan Alat Berat untuk Penambangan Bijih Nikel Kadar Low Grade Saprolite Ore (LGSO) di PT. Antam (Persero) Tbk. Ubpn SULTRA, Jurnal Bina Tambang, 3(3), 984-993.

[3] Monika, I., Murad, M. (2018). Analisis Investasi Pengadaan Alat Berat Untuk Mencapai Target ProduksiBatu Gamping 240.000 Ton/Tahun Dengan Metode NPV dan IRR di PT. Anugrah Halaban Sepakat. Jurnal Bina Tambang, 3(3), 1014-1023.

[4] Kinanthi, RA., Sholiq, Astuti, HM. (2017). Analisis Kelayakan Investasi Sistem Informasi Pendistribusian Produk Menggunakan Metode Cost Benefit Analysis pada PT. Guna Atmaja Jaya. Jurnal Teknik ITS. 6(2), A338-A340.

[5] Salengke (2013). Engineering Economy: Techniques diFor Project and Business Feasibility Analysis, Universitas Hasanuddin, Makassar.

[6] Trieputra, AA., Kamil, IM. (2012). Benefit-Cost Ratio Analysis Dalam Pemilihan Teknologi Pengolahan Limbah Cair Domestik (Studi Kasus IPAL Kali Krukut), Skripsi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung.

[7] Bank Indonesia. 2020. Suku Bunga Acuan BI 7-Day. https://www.bi.go.id/id/moneter/bi7dayRR/data/Contents/Default.aspx. Diakses 02/02/2020.

[8] Dania, Pandang. 2018. Evaluasi Biaya Kepemilikan (Owning Cost) dan Biaya Operasi (Operating Cost) Dump Truck Hino Ranger Ff 173 Ma Pada Penambangan Batu Andesit di CV Panghegar, Blok Gunung Patapaan Desa Cilalawi, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Prosiding Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung (Agustus, 2018), 4(2), Bandung.

[9] Komatsu. 2013. Spesifications and Application Hand Book Edition 31. Japan. Japan: Komatsu Ltd.

[10] Taufik, Achmad. 2017. Evaluasi Biaya Operasi (Operating Cost) Alat Gali-Muat & Angkut pada Penambangan Batu Andesit di PT. Lola Lauttimur Kampung Joglo Desa Cipinang Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Prosiding Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung (Februari, 2017), 3(1), Bandung.

[11] Sudiyanto, A. (2015). Analisis Kelayakan Ekonomi Rencana Penambangan Batu Andesit Di Desa Hargorejo, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional ReTII ke-10 2015, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.
Published
2021-08-30
Section
Articles