Rancang bangun alat produksi asap cair dengan metode pirolisis menggunakan software fusion 360

  • Bazlina D. Afrah Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Muhammad I. Riady Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Lia Cundari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Muhammad A. Rizan Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Agung D. Aryansyah Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Rancang Bangun, Asap Cair, Reaktor Pirolisis, Proses Desain, Software Fusion 360

Abstract

Metode pirolisis adalah proses terjadinya pemanasan bahan baku di dalam reaktor yang menyebabkan terbentuk asap dan melewati media pendingin sehingga berubah fase menjadi cair atau disebut sebagai asap cair. Perancangan alat menggunakan software Fusion 360, dimana data mechanical drawing hasil dari software tersebut digunakan sebagai dasar untuk fabrikasi rangkaian alat sehingga didapatkan hasil yang maksimal dari proses pirolisis baik secara kuantitas dan kualitas asap cair sebagai produk. Software Fusion 360 dipilih didasari karena kemampuan yang lebih lengkap, dimana hasil desain alat yang mirip dengan alat sebenarnya dan dapat digunakan untuk menjalankan simulasi proses. Langkah awal penggunaan Software Fusion 360 dimulai dengan desain bagian drum pembakaran reaktor, kemudian desain reaktor pirolisis, pipa, dan radiator. Volume produk asap cair yang didapat mencapai lebih dari 5 kali lipat dari alat sebelumnya yang menggunakan metode pembakaran langsung dengan media pendingin berupa kondensor dari lilitan tembaga pada kondisi terbuka. Hal ini menunjukkan alat hasil rancangan lebih efektif dengan variabel jenis dan jumlah bahan baku serta waktu pengamatan yang sama. Pengujian kualitas asap cair dilakukan dengan mengukur densitas, pH dan rendemen. Densitas, pH, dan rendemen asap cair kayu karet basah dan kayu karet kering sebagai bahan baku secara berturut-turut adalah 0,996 gr/ml, 3,26, dan 54 % serta 1,02025 gr/ml, 3,14, dan 32 %. Asap cair dari kayu karet kering memiliki hasil yang lebih baik dengan semua variabel pengujian memenuhi standar kualitas asap cair.

References

Afrah, B. D., Sari, T. I., Riady, M. I., Hadiah, F., Ali, F., Nugroho, M. P. P. K., dan Siregar, M., 2020. Pengganti Pestisida Sintetik dan Penggumpal Lateks dari Asap Cair melalui Pengolahan Limbah Kayu Karet di Desa Sejaro Sakti Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian. 2(1): 15-21.
Ali, F., dan Fiqri, R. A., 2020. The simple design of pyrolysis tool for making liquid smoke from shells and rubber seeds as a food preservative. Journal of Physics. 1- 10.
Badan Pusat Statistik., 2018. Statistik Karet Indonesia 2018, Badan Pusat Statistik, Indonesia.
Budaraga, I. K., Arnim., Marlida, Y., dan Bulanin, M., 2016. Liquid Smoke Production Quality from Raw Materials Variation and Different Pyrolysis Temperature. International Journal on Advanced Science Engineering and Information Technology. 6(3), 306-315.
Dewi, J., Gani, A., dan Nazar, M., 2019. Analisis Kualitas Asap Cair Tempurung Kelapa dan Ampas Tebu sebagai Bahan Pengawet Alami pada Tahu. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 2(2), 106-112.
Kasim, F., Fitrah, A. N., dan Hambali, E., 2015. Aplikasi Asap Cair pada Lateks. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri. 9(1), 28-34.
Montazeri, N., Oliveira, A. C. M., Himelbloom, B. H., Leigh, M. B., dan Crapo, C. A., 2013. Chemical Characterization of Commercial Liquid Smoke Products. Food Science & Nutrition. 1(1): 102-115.
Sari, T. I., Afrah, B. D., Ali, F., Hadiah, F., Novia., Ilmi, D. L. A., dan Yusuf, R., 2019. Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Kayu Karet menjadi Asap Cair Pengganti Pestisida di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Community. 1(1), 33-41.
Suroso, E., Utomo, T. P., Hidayati, S., dan Nurani, A., 2018. Pengasapan Ikan Kembung Menggunakan Asap Cair dari Kayu Karet Hasil Redestilasi. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia. 21(1), 42-53.
Towaha J, Aunillah A, Purwanto EH., 2013. Pemanfaatan asap cair kayu karet dan tempurung kelapa untuk penanganan polusi udara pada lump. Buletin Riset Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri. 4(1), 71-80.
Yulita, E., Hamzah, B., dan Wijaya, A., 2011. Pemanfaatan Asap Cair Serbuk Kayu sebagai Koagulan Bokar. Jurnal Dinamika Penelitian Industri. 22(1), 58-62.
Published
2020-11-01