Evaluasi efisiensi heat exchanger di refinery plant industri minyak goreng

  • Pamilia Coniwanti Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Fadhel Zamali Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Vincent Low Rance Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: Spiral heat exchanger, efisiensi, energi

Abstract

Spiral heat exchanger merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk menaikkan suhu Bleached Palm Oil (BPO) sebelum memasuki final heater yaitu vacuum heat exchanger. Pemanasan ini bertujuan untuk memisahkan Free Fatty Acid (FFA) dari BPO. Fluida panas yang mengalir yaitu Refined Palm Oil (RPO) dengan temperatur masuk 256oC, sedangkan fluida dingin yang mengalir yaitu BPO dengan termperatur masuk 185oC. Energi panas yang terdapat pada RPO dapat dimanfaatkan sebagai pemanas BPO dan suhu BPO dapat dimanfaatkan sebagai menurunkan suhu RPO, mengingat besarnya kebutuhan temperatur tinggi yang dibutuhkan untuk menguapkan FFA. Dari hasil perhitungan menggunakan Microsoft excel, didapatkan nilai efisiensi pada spiral heat exchanger berdasarkan fluida panas dan fluida dingin sebesar 55,78% dan berdasarkan dari energi panas maksimal yang dihasilkan yaitu 53,42%. Sementara itu, secara desain suhu keluaran BPO dapat mencapai 252,21oC, sehingga efisiensi yang dihasilkan berdasarkan fluida panas dan fluida dingin 96,13% dan berdasarkan dari energi panas maksimal yang dihasilkan 92,07%. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kinerja pada spiral heat exchanger refinery unit 1 antara lain fouling, temperatur BPO inlet, dan temperature RPO inlet.

References

Budiman, A., Syarief, A., dan Isworo, H. 2014. Analisis Perpindahan Panas dan Efisiensi Efektif High Pressure Heater (HPH) di PLTU Asam-Asam. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Unlam. 3, 76-82.
Felder, 2005. Elementary Principles of Chemical Processes Third Edition. United States: John Wiley & Son, Inc.
Kern, D. Q. 1965. Process Heat Transfer. Singapore: McGraw-Hill.
Manurung, T. 2017. Refinery Process Description in General. SOP/WINA-REF-09-001. Wilmar Unit Pelintung.
Minton, P. E. 1970. Designing Spiral-Plate Heat Exchangers. Missouri: Union Carbide Corp.
Nunez, M. P. 2012. Alternative Design Approach for Spiral Plate Heat Exchangers. Institute for Scientific Research. University of Guanajuato.
Shah, R. K. 2003. Fundamentals of Heat Exchanger Design. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Sumarno, E., Kiswanta, Heru, B., Ainur, R., dan Joko, P. 2013. Efisiensi Pre-Heater terhadap Laju Alir pada Sisi Primer Uji Beta. Prosiding Seminar Penelitian dan Pengelolaan Perangkat Nuklir. Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahas. Yogyakarta, 11 September 2013.
Published
2019-03-01