Perhitungan neraca massa dan panas pada reaktor polimerisasi; studi kasus pabrik pengolahan bijih plastik

  • Budi Santoso Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Nyimas Annisa R Lindy Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Siti Aisyah Shanaz VR Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: polipropilen, polimerisasi, fluidized bed reactor, neraca massa, neraca panas

Abstract

Polipropilen merupakan polimer yang berasal dari monomer propilen. Produksi polipropilen terdiri dari beberapa unit termasuk sistem reaksi polimerisasi. Sistem reaksi polimerisasi berlangsung pada sebuah fluidized bed reactor. Alat-alat pendukung reaktor terdiri atas cycle gas cooler, cycle gas compressor, dan cycle water pump. Panas reaksi akan dipindahkan dari reaktor menggunakan cycle gas cooler, lalu gas yang tidak bereaksi keluar dari bagian atas reaktor dan masuk ke cycle gas compressor. Pada kondisi ideal reaktor bekerja pada tekanan 30 kg/cm2G dan temperatur 65oC, namun kenyataan yang terjadi di pabrik kondisi tersebut terkadang keluar rentan yang ditentukan, karena adanya faktor penghambat. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan mengkalkulasi secara rutin neraca massa dan neraca panas pada reaktor. Berdasarkan perhitungan neraca panas secara keseluruhan, panas yang hilang sebesar 1,7053x10-13 Mcal/jam. Artinya terdapat panas yang hilang selama proses polimerisasi berlangsung dalam jumlah yang kecil.

References

Fitriani, H. V., Harpeni, L., Oktaviani, R., Maulana, S., dan Rahayu, S. Y. 2012. Makalah Industri Polipropilen. Bogor: Universitas Nusa Bangsa.
Jurnal Teknik Kimia No. 2, Vol. 25, Juli 2019 Page | 60
Kocian, H. G. 1979. UNIPOL Operations Training Manuak Book. Texas: Houston Bookbinding.
Praxair. 2016. Propylene Safety Data Sheet. (Online). https://www.praxair.com/-/media/corporate/praxairus/documents/sds/propylene-c3h6-safety-data-sheet-sds-p4648.pdf?la=en. (Diakses pada tanggal 22 Oktober 2018)
Pabrik bijih plastik. Laporan on the Job Training Polypropylene Process Department. 2017. Cilegon: Pabrik bijih plastik.
Sofiani, F. dan Hapsari, W. V. 2011. Prarancangan Pabrik Polipropilen dari Propilen dengan Proses Spheripol Kapasitas 200.000 Ton/Tahun. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sumartono. 1999. Process Highlight. Cilegon: PT Tri Polyta Indonesia Tbk.
Published
2019-07-01