Pengaruh penambahan asam borat (H3BO3) pada larutan Na2CO3 terhadap absorbsi CO2 dalam biogas Menggunakan spray column

  • Lia Cundari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Selpiana Selpiana Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Bobby Redian Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Achmad Zaidan Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: Absorbsi, Asam Borat, Biogas, Na2CO3, Promotor

Abstract

Biogas merupakan energi alternatif yang bersifat renewable karena berasal dari makhluk hidup, terbuat dari berbagai macam bahan organik yang biasanya berupa sampah atau limbah. Penggunaan biogas sebagai energi alternatif baru sebatas energi untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar dalam rumah tangga dan belum digunakan sebagai sumber energi primer. Hal ini disebabkan biogas masih mengandung CO2 dalam kadar yang tinggi sehingga pembakarannnya kurang maksimal. Kadar CO2 yang terkandung dalam biogas diturunkan dengan mengabsorbsi menggunakan larutan Na2CO3 dengan promotor asam borat. Penggunaan asam borat bertujuan untuk meningkatkan kemampuan absorbsi CO2 pada larutan Na2CO3. Variabel pada penelitian ini adalah konsentrasi asam borat yang ditambahkan ke dalam larutan Na2CO3 (1, 2, 3, 4, 5 % berat asam borat). Absorbsi CO2 dilakukan dengan mengumpankan campuran Na2CO3 dan asam borat dengan biogas secara countercurrent. Gas yang keluar pada bagian atas kolom ditampung dan dianalisa kandungan CO2 serta kandungan gas lainnya dengan Orsat Analysis dan Gas Chromatograph. Konsentrasi optimum dalam penambahan asam borat sebesar 3%, dimana gas CO2 terabsorb sebesar 67,81%. Dengan penambahan asam borat ke dalam larutan Na2CO3 laju absorpsi meningkat 2,4 kali.

References

Anastasia, Fanny dan Eka Yeni Rahayu. 2012. Model AbsorbsiMultikomponen dalam Larutan K2CO3 dengan Promotor Asam Borat pada PackedColumn. Laboratorium Thermodinamika Teknik Kimia FTI-ITS. Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya.
Anonim. 2013. Absorbtion. http://en.wikipedia.org/wiki/Absorbtion. diakses pada tanggal 14 Agustus 2013.
Anonim. 2013. Biogas. http://en.wikipedia.org/wiki/Biogas. diakses pada tanggal 14 Agustus 2013.
Anonim. 2013. BoricAcid. http://en.wikipedia.org/wiki/Boric_acid. diakses pada tanggal 14 Agustus 2013.
Anonim. 2013. SodiumCarbonate.http://en.wikipedia.org/wiki/Sodium_carbonate. diakses pada tanggal 14 Agustus 2013.
Cullinane, J.T. dan Rochelle, G.T. 2004. Carbondioxideabsorptionwithaqueouspotassiumcarbonatepromotedbypiperazine. Department of Chemical Engineering. The University of Texas: Austin.
Coulson, J. M. dan J. F. Richardson. 2002. Chemical Engineering, Volume 2, FifthEdition, Particle Technology andSeparationProcesses. Butterworth-Heinemann: Inggris Danckwerts. 1970. Gas-LiquidReactions. McGraw Hill Book Company: New York:
Duan, Y., etal. 2012. EfficientTheoreticalScreening of Solid Sorbents for CO2 CaptureApplications. National Energy Technology Laboratory. United States Department of Energy, Pittsburgh: USA.
Dang, H. dan Rochelle, G.T. 2001. CO2 AbsorptionRateandSolubilityinMonoethanolamine/Piperazine/Water. Department of Chemical Engineering. The University of Texas: Austin.
Ghosh, K., etal. 2009. Absorption of carbondioxideintoaqueouspotassiumcarbonatepromotedbyboricacid. Department of Chemical andBiomolecularEngineering. The University of Melbourne: Australia.
Hilliard, M.D. 2005. A Predictive Model for AqueousPotassiumCarbonate/Piperazine/Ethanolamine for CarbonDioxideRemovalfromFlue Gas. Department of Chemical Engineering. The University of Texas: Austin.
Kirk, Othmer. 2007. Encyclopedia of Chemical Technology. Wiley. Universitas Michigan: USA.
Mahendradhany, AgastyaPrastita. 2010. Penentuan Kandungan Karbonat Atau Hidrogen Karbonat Dalam Campurannya Dengan Cara Titrasi Asam Basa. Laporan Praktikum. Institut Teknologi Bandung: Bandung.
Najib, M. Hasnan A., dkk. 2012. Studi Pengaruh Variabel Laju Alir NaOH Dalam Proses AbsorbsiGas CO2. Universitas Diponegoro: Semarang.
Posey, M.L dan RochelleG.T. 1997. A Thermodynamic Model of Methyldiathanolamine-CO2H2S-WaterSystem. Department of Chemical Engineering. The University of Texas: Austin.
Puspa, MaekaDita dan PrittaAprilia. 2010. Pengaruh Penambahan Asam Borat (H3BO3) terhadap Solubilitas CO2 dalam Larutan K2CO3. Laboratorium Thermodinamika Teknik Kimia FTI-ITS. Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya.
Rochelle, G.T., etal. 2005. CO2 CapturebyAbsorptionwithPotassiumCarbonate. Department of Chemical Engineering. The University of Texas: Austin.
Published
2015-01-01