Pengaruh pencucian dengan deterjen terhadap komposisi dan nilai tph pada tanah yang terkontaminasi oil

  • Tamzil Aziz Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Ayu Permatasari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Anita Puspa Sari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: crude oil, deterjen, remediasi, tanah, TPH

Abstract

Kebocoran pipa saluran minyak bumi dapat menyebabkan pencemaran tanah yang berada pada lingkungan tempat saluran pipa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses remediasi tanah yang terkontaminasi minyak bumi. Banyak cara remediasi yang digunakan untuk mengatasi masalah pencemaran tanah leh minyak bumi. Teknik remediasi tanah dapat dilakukan secara biologis dan maupun nonbiologis. Pada penelitian ini dilakukan proses remediasi secara nonbiologis dengan menggabungkan teknik cuci lahan dan desorpsi termal. Pada penelitian ini dilakukan variasi berat deterjen yaitu 30 gram dan 50 gram dengan merk yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencucian yang lebih baik dari hasil penelitian untuk 5 liter air, 30 gram deterjen merk Rinso dan 5 kg tanah karena menghasilkan persen total petroleum hydrocarbon (TPH) sebesar 0,65% dengan pH 7,8, C-Organik 1,39%, dan Na 2,18 me/100 g. Konsentrasi hidrokarbon minyak bumi pada <10.000 mg/kg atau 1% tidak menyebabkan dampak negatif pada pertumbuhan berbagai tanaman. Tanah ini dapat dikembalikan lagi ke lingkungan dengan menambahkan tanah humus.

References

Atmojo, S. W. 2003. Peranan Bahan Organik Terhadap Kesuburan Tanah Dan Upaya Pengelolaannya. Ilmu Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.
Chaerunisha, S,. R,. N. 2006. Laju Degradasi Surfaktan Liner Alkil Benzen Sulfonat (LAS) pada Limbah Detergen Secara Anaerobic pada Reaktor Lekat Diam Bermedia Sarang Tawon. Jurnal Teknologi Lingkungan Vol 7 No 3 Hal 234-250 Issn 1441-318x. Jakarta.
Desrina, R. 2011. Perbandingan Biaya pada Teknik–Teknik Remediasi Tanah Tercemar Minyak Bumi. Lembaran Publikasi Minyak dan Gas Bumi Vol. 45 No. 3 Hal 183-194, Jakarta.
Fauzi, A. 2008. Analisa Unsur Hara Carbon Organik dan Nitrogen Dalam Tanah Perkebunan Kelapa Sawit Bengkalis Riau. Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara.
Karwati. 2009. Degradasi Hidrokarbon pada Tanah Tercemari Minyak Bumi dengan Isolat A10 dan D8. Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor.
Mendrova, R. P.dkk. 2013. Analisa TPH (Total Petroleum Hydrocarbon) Pada Pencemaran Tanah. Program Studi D-III Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Riau.
Published
2015-01-01