Perhitungan efisiensi panas steam generator dengan pemanas thermal oil pada unit energy plant industri fibreboard

  • Linda Santia Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Intan Retri Utari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Rahmatullah Rahmatullah Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: Steam, Thermal Oil, Steam Generator, Efisiensi Panas Steam Generator

Abstract

Steam generator (boiler) atau ketel uap adalah bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas atau steam. Air panas atau steam pada tekanan tertentu kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Secara proses konversi energi, boiler memiliki fungsi untuk mengkonversi energi kimia yang tersimpan di dalam bahan bakar menjadi energi panas yang tertransfer ke fluida kerja. Steam generator didesain untuk menghasilkan steam dengan tekanan dan temperatur tertentu. Kualitas steam yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh performa kinerja dari steam generator. Permasalahan yang dihadapi pada steam generator ini adalah terjadi penuruan efisiensi panas. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui efisiensi maksimum steam generator dan faktor apa yang mempengaruhi penurunan efisiensi melalui evaluasi neraca massa dan neraca panas. Pengurangan efisiensi panas pada steam generator dapat disebabkan karena penumpukan kerak yang terdapat didalam sepanjang tube. Efisiensi panas yang di hasilkan dari steam generator di industri Fibreboard adalah kurang lebih 92-93%.

References

Anonim. 2010. Shell Heat Transfer Oil. (Online): http//: www.heat-transfer-oil.html. Diakses pada tanggal 23 Januari 2016.
Anonim. 2006. Boiler and Thermic Fluid Heaters. (Online): http//: www.energyefficiencyasia.org. Diakses pada tanggal 26 Januari 2016.
Kenneth E. 2005. Boiler Operator’s Hanbook. Fairmont Press Inc: United State of Amarica.
Kern, D.Q.. 1950. “Process Heat Transfer”, Mc.Graw Hill Book Company, Inc. New York.
Richard, M. Felder and Ronald W. Rousseau. 1986. Elementary Principles of Chemical Process, 3th edition, John Wiley and Sons. Courier Companies Inc: Canada.
Smith, J.M. and Van Ness, H.C., 1959, “Introduction to Chemical Engineering Thermodynamics”, 2 ed., Mc.Graw Hill Book Company, Inc., New York.
Team HRD. 2018. Profil Perusahaan PT. Sumatera Prima Fibreboard. Manual Handbook.
Team Produksi. 2018. Energy Plant PT. Sumatera Prima Fibreboard. Manual Handbook.
Treybal, R.E., 1981, “Mass Transfer Operation”, 3rd ed., McGraw-Hill, Kogakusha, Ltd., Tokyo.
V. Ganapathy. 2015. Steam Generator and Waste Heat Boiler: For Process and Plant Engineers. CRC Press, Boca Raton, FL. London, New York.
Published
2019-11-01