Pemanfaatan limbah karet alam dan ampas tebu sebagai adsorben crude oil spills

  • Farida Ali Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Annisa Rahmathul Fithri Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Rifky Harisya Adhitya Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Adsorben, ampas tebu, crude oil spills, limbah karet alam

Abstract

Tumpahan crude oil di laut merupakan salah satu sumber pencemaran laut yang selalu menjadi fokus perhatian dari masyarakat luas, karena tumpahan minyak tersebut akibatnya akan sangat cepat dirasakan oleh masyarakat sekitar pantai yang mana dapat merusak ekosistem laut dan dapat pula merusak makhluk hidup di sekitar pantai tersebut. Penggunaan adsorben merupakan salah satu cara menanggulangi tumpahan minyak di laut. Adsorben disini dibuat dari bahan alami dan dapat menyerap spilling oil tersebut. Limbah karet alam dan ampas tebu dapat dimanfaatkan untuk dijadikan produk yang lebih berguna yaitu dijadikan sebagai adsorben yang dapat menyerap tumpahan minyak di laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui massa bahan pengisi optimum dan waktu kontak optimum.  Penelitian dilakukan dengan proses batch dan dilakukan dengan melakukan variasi massa bahan pengisi (2;2,5;3;3,5;4) g dan waktu kontak (30,60,90,120,150) menit. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa massa bahan pengisi optimum adalah 3,5 g dan waktu kontak optimum 60 menit.

References

Apriliani, A. 2010. Pemanfaatan Ampas Tebu sebagai Adsorben Ion Logam Cd, Cr, Cu, dan Pb dalam Air Limbah. Jakarta: Jurnal Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ari, R. 2011. Bab II Tinjauan Pustaka Ampas Tebu. Lampung: Jurnal Universitas Negeri Lampung
Hasibuan, F I. 2012. Pemanfaatan Limbah Lateks Karet Alam dengan Pengisi Bubuk Pelepah Pisang sebagai Adsorben Minyak. Medan: Jurnal Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara. Vol. 1, No 2:40.
Minasari, 2014. Dampak Pencemaran Air Laut Akibat Tumpahan Minyak. Online: (https://susiprasetyowati64.files.wordpress.com/2014/06/dampak-pencemaran-airlautakibat-tumpahan-minyak1.pdf).
Muis, Y. 2012. Bab II Tinjauan Pustaka Lateks Karet Alam. Medan: Jurnal Universitas Sumatera Utara.
Sasrawa, H. 2013. Komposisi Hidrokarbon pada Minyak Bumi. Online: http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2013/06/komposisi-minyak-bumi-materi lengkap.html
Wijayanti, R. 2009. Arang Aktif dari Ampas Tebu Sebagai Adsorben pada Pemurnian Minyak Goreng Bekas. Bogor: Jurnal Departemen Kimia FMIPA IPB.
Yuwono, S S. 2015. Tanaman Tebu (Saccarum Officinaru). Online: http://darsatop. lecture.ub.ac.id/2015/10/tanaman-tebu-saccarum-officinaru/
Published
2020-01-01