Pembuatan virgin coconut oil (vco) Dengan metode penggaraman

  • Tamzil Aziz Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Yohana Olga Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Ade Puspita Sari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Kelapa, konsentrasi, penggaraman, rendemen, VCO

Abstract

Pohon kelapa merupakan salah satu komoditi perkebunan yang penting dalam pembangunan sub sektor perkebunan, antara lain untuk memenuhi kebutuhan domestik, maupun sebagai komoditi ekspor penghasil devisa negara. Virgin coconut oil merupakan produk olahan daging kelapa yang memiliki banyak manfaat yang berupa cairan berwarna jernih, tidak berasa dengan bau khas kelapa. Pembuatan VCO ini tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah dan pengolahan yang sederhana. Pada saat ini telah dikembangkan berbagai cara pengolahan minyak kelapa seperti pemanasan, pengenziman, penggaraman, pancingan, dan pengasaman. Dalam penelitian ini VCO dibuat dengan penambahan garam CaCl2 (penggaraman). Penelitian ini untuk melihat pengaruh berat garam (1 gram, 2 gram, 3 gram) dan waktu penggaraman (12 jam, 24 jam, 36 jam) terhadap rendemen yang dihasilkan. Uji analisa VCO pada penelitian ini meliputi uji kadar air, kadar FFA, warna, rasa, bau dan komposisi. Uji komposisi VCO dilakukan dengan menggunakan alat GC. MS (Gas Chromatography Mass Spectrofotometry). Dari hasil penelitian didapatkan rendemen terbanyak sebesar 26,9% pada waktu penggaraman 36 jam dengan berat garam 3 gram dan kadar asam laurat sebesar 51,1%.

 

References

Alamsyah, Andi Nur. 2005. Virgin Coconut Oil. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cristianti, L. 2009. Laporan Tugas Akhir Pembuatan Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) Menggunakan Fermentasi Ragi Tempe. (Skripsi). Teknik Kimia. Universitas Sebelas Maret.
Moeksin, R, dkk. 2008. Pengaruh Penambahan Papain Terhadap Kualitas VCO Dengan Metode Enzimatis, Sentrifugasi, dan Pemanasan. Jurnal Ilmiah Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Kimia Universitas Sriwijaya No. 1 Vol. 15: 11-14.
Nodjeng, M, dkk. Kualitsa Virgin Coconut Oil (VCO) Yang Dibuat Pada Metode Pemanasan Bertahap Sebagai Minyak Goreng Dengan Penambahan Wortel (Daucus Carrota L.). Jurnal Ilmiah Program Studi Kimia FMIPA Universitas Sam Ratulangi: 102-109.
Nurhayati. 2011. Manfaat Buah Kelapa. Jakarta: Sahala Adidayatama.
Sari, Ema Purnama. 2009. Laporan Tugas Akhir Pembuatan Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) Dengan Metode Penggaraman. (Skripsi). Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret.
SNI-7381-2008. 2008. Minyak Kelapa Virgin (VCO). Jakarta: Dewan Standar Nasional Indonesia.
Susilowati. 2009. Pembuatan Virgin Coconut Oil Dengan Metode Penggaraman. Jurnal Ilmiah Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UPN Veteran Vol. 3 No. 2: 24-29.
Published
2017-04-01