Pengaruh kecepatan pengadukan dan massa adsorben terhadap penurunan kadar phospat pada pengolahan limbah laundry

  • Roosdiana Mu’in Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Septi Wulandari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Nilam Putri Pertiwi Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Adsorpsi, adsorben plastik polietilen, eutrofikasi, limbah laundry, phospat

Abstract

Limbah laundry merupakan sumber pencemar yang sangat berpotensi untuk menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan seperti eutrofikasi. Hal ini disebabkan kandungan fosfat yang tinggi yang berasal dari salah satu bahan yang terdapat dalam deterjen. Salah satu cara untuk mengurangi fosfat adalah proses adsorpsi. Terdapat banyak bahan yang dapat digunakan sebagai adsorben termasuk limbah plastik polietilen. Selain berguna sebagai adsorben, penggunaan limbah plastik polietilen dapat juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan banyaknya jumlah sampah plastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan pengadukan dan massa adsorben plastik polietilen terhadap penurunan kadar phospat pada limbah laundry. Variabel kecepatan pengadukan yang digunakan yaitu 100, 150 dan 200 rpm. Sedangkan variabel massa adsorben yang digunakan yaitu 3, 4 dan 5 gram. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 100% phospat dapat dipisahkan dari limbah laundry dengan kecepatan pengadukan 100 rpm dan massa adsorben sebanyak 4 gram.

References

Anonim. 2011. Ancaman limbah plastik di kota Palembang.http://dokumen.tips/documents/ancaman-limbah-plastik dikota palembang. html. diakses pada tanggal 1 Oktober 2016.
Anonim. 2016. Pengertian Adsorpsi dan Absorbsi. (Online). http://www.ilmukimia.org/2016/01/adsorpsi-dan-absorpsi.html. diakses pada tanggal 2 Oktober 2016.
Astuti, S.W dan Sinaga, M. S. 2015. Pengolahan Limbah Laundry Menggunakan Metode Biosand Filter Untuk Mendegradasi Fosfat. Jurnal Teknik Kimia USU, Vol. 4,No.2
Ginting, F. D. 2008. Pengujian Alat Pendingin Sistim Adsorpsi Dua Adsorber dengan Menggunakan Metanol 1000 ml Sebagai Refrigeran. Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Jakarta.
Hutomo, S. W. S. 2015. Keefektifan Dosis Poly Alumunium Chloride (Pac) Dalam Menurunkan Kadar Phosphate Pada Air Limbah Laundry Di Gatak Gede, Boyolali. Laporan Tugas Akhir Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kurniawan, A. 2012. Mengenal Kode Kemasan Plastik yang Aman dan Tidak. http://ngeblogging.wordpress.com/2012/06/14/mengenal-kodekemasan-plastik-yang-aman-dan-tidak/, diakses pada 20 Oktober 2016.
Maretha, N. A. dkk. 2013. Pengolahan Limbah laundry dengan Penambahan Koagulan polyalumunium Chloride (PAC) Dan filter Karbon Aktif.
Noviani, H. 2012. Analisis Penggunaan Koagulan Poly Aluminium Chloride (Pac) Dan Kitosan Pada Proses Penjernihan Air Di Pdam Tirta Pakuan Bogor. Universitas Pakuan : Bogor.
Pratiwi, Y., dkk. 2012. Uji Toksisitas Limbah Cair Laundrysebelum Dan Sesudah Diolah Dengan Tawas Dan Karbon Aktif Terhadap Bioindikator (Cyprinuscarpio L). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III ISSN: 1979-911X Yogyakarta.
Rosariawari, F. dan Mirwan, M. 2010. Effektifitas Pac Dan Tawas Untuk Menurunkan Kekeruhan Pada Air Permukaan. Jurnal Teknik Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional, Jawa Timur.
Stefhany, C.A, dkk. 2013. Fitoremediasi Phospat Dengan Menggunakan Tumbuhan Eceng Gongok (Eichhornia Crassipes) Pada Limbah Cair Industri Kecil Pencucian Pakaian Laundry. Jurnal Teknik Lingkungan ITENAS. No 1, Vol. 1
Surono, B. U. 2013. Berbagai Metode Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Teknik Vol.3 No.1.
Suryawan, B. 2004. Karakteristik Zeolit Indonesia sebagai Adsorben Uap Air. Universitas Sriwijaya, Jakarta.
Utami, A. dan Rizkia. Pengolahan Limbah Cair Laundry dengan Menggunakan Biosand Filter dan Activated Carbon. Jurnal Teknik Sipil Untan/Volume 13 Nomor 1- Juni, Tanggerang 2013.
Wardhana, I.W., dkk. 2013. Penggunaan Karbon Aktif Dari Sampah Plastik Untuk Menurunkan Kandungan Phosphat Pada Limbah Cair. Jurnal Presipitasi Vol. 10 No.1, 1907.
Published
2017-01-01