Performa cyclone dan electrostatic precipitator sebagai penangkap debu pada pabrik semen

  • Nur H. T. Molek Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Saputri A. Renelda Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • S. Syaiful Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: cyclone, electrostatic precipitator, pencemaran udara, penangkap debu

Abstract

Pencemaran udara dapat dikategorikan sebagai pencemaran yang sangat berbahaya dan juga memberikan dampak yang cukup besar bagi lingkungan disekitarnya. Cyclone dan electrostatic precipitator (EP) adalah contoh alat yang dapat mengurangi pencemaran udara di industri semen. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja cyclone dan EP. Perhitungan kinerja cyclone ditinjau dari jumlah putaran dalam gas dan diameter partikel, dan kinerja EP ditinjau dari kecepatan migrasi partikel dan resistivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan evaluasi dengan menggunakan data aktual. Data tersebut berupa laju alir, densitas, diameter partikel, kecepatan gas inlet, data desain EP dan Cyclone, serta emisi partikulat dan kondisi alat pada saat operasi. Hasil evaluasi menunjukkan effisiensi cyclone sebesar 95,5% dan EP sebesar 98,72%. Kedua nilai efisiensi ini masih memenuhi standar efisiensi alat, yang berarti kinerja cyclone dan EP tersebut masih baik.

References

Afrian, N dkk. 2015. Analisa Kinerja Electrostatic Precipitator (ESP) berdasarkan Besarnya Tegangan DC yang digunakan terhadap Perubahan Emisi di Power Boiler Industri Pulp and Paper. Jom FTEKNIK. Vol. 2 (2): 1-10.
Agustian, C.A dkk. 2013. Kajian Eksperimental Gas Cleaner yang dimodifikasi untuk Mengekstrak Tas dalam Producer Gas. Jurnal FEMA. Vol. 1(2): 73-83.
Augie, G. 2016. Cyclone Separator. (Online).https://id.scribd.com/doc/30580598 5/Cyclone-Separator. (Diakses pada tanggal 28 Desember 2018).
Flagan, R. C. Dan Seinfold, J. H. 1988. Fundamentals of Air Pllution Engineering. Londong: Prentice-Hall.
Green, D.W. dan Perry, R.H. 2008. Perry’s Chemical Engineers Handbook. McGraw-Hill: New York.
Guntoro, H. 2009. Electrostatic Precipitator. (Online). http://dunialistrik. blogspot.com/2009/04/electrostatic
-percipitator.html.(Diakses pada tanggal 20 Desember 2018).
Sinnott, R. K. 1999. Coulson and Richardson’s Chemical Engineering. Dapartement of Chemical and Biological Process Engineering University Of Walws Swansea: New York.
Smidth, F. L. 2001. Optimalisasi. PT. Semen Baturaja: Baturaja.
Wahyu, A. 2015. Merancang Dust Collector. (Online). http://www.rancangdustcollctor.com/. (DiaksespadaTanggal 17 Maret 2019)
Wang, K. L., dkk. 2004. Air Pollution Control Eng. New Jersey: Humana Press Inc.
Published
2020-03-01