PENGOLAHAN AIR SUMUR MENJADI AIR MINUM DENGAN ALAT BERTEKNOLOGI MEMBRAN ULTRAFILTRASI UNTUK PENDUDUK DI DESA KERINJING KABUPATEN OGAN ILIR

  • S. Miskah Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • T. Aprianti Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • M. Said Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • S. Saloma Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • B. Santoso Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Pengolahan air, air sumur, air minum, filtrasi, teknologi membran ultrafiltrasi.

Abstract

ABSTRAK: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya di Desa Ulak Kerbau Lama Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan agar dapat membantu masyarakat di pedesaan yang belum terjangkau oleh layanan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Proses pengolahan air menjadi air minum pada kegiatan ini adalah proses filtrasi (penyaringan) dengan alat berteknologi membran ultrafiltrasi. Proses filtrasi digunakan untuk memisahkan zat pengotor dalam air termasuk mikroorganisme dan logam-logam berat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metoda presentasi dan peragaan/demonstrasi cara kerja alat pengolah air. Peserta yang hadir merupakan penduduk desa berjumlah 42 orang. Di akhir sesi peragaan dilakukan tanya jawab dan penyebaran form kuesioner yang akan dijawab oleh penduduk desa. Dari jawaban yang diberikan, 69,05% penduduk menjawab cukup mengerti, 30,95% cukup mengerti terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan ini dianggap berhasil karena lebih dari 75% masyarakat sasaran memahami pengetahuan dan teknologi pengolahan air bersih yang disampaikan oleh tim Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi penduduk dan turut membantu pemerintah dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat pedesaan akan pentingnya air bersih dalam kehidupan sehari-sehari.

Kata Kunci: Pengolahan air, air sumur, air minum, filtrasi, teknologi membran ultrafiltrasi.

ABSTRACT: This community service activity was carried out by the Sriwijaya University Faculty of Engineering team in Ulak Kerbau Lama Village, Ogan Ilir Regency. This community service activity aims to help people in rural areas that have not been reached by the PDAM service (Regional Water Company). The process of treating water into drinking water in this activity is the process of filtration (filtering) with an ultrafiltration membrane technology device. The filtration process is used to separate impurities in water including microorganisms and heavy metals. This activity is carried out by the method of presentation and demonstration / demonstration of the workings of water treatment equipment. Participants who attended were 42 villagers. At the end of the demonstration session a question and answer session was held and questionnaire forms were distributed to be answered by the villagers. From the answers given, 69.05% of the population answered that they understood enough, 30.95% quite understood the material presented. This activity was considered successful because more than 75% of the target community understood the clean water treatment knowledge and technology delivered by the Community Service Team. This activity is expected to bring benefits to the population and help the government in increasing the knowledge of rural communities about the importance of clean water in daily life.

Keywords: Water treatment, well water, drinking water, filtration, ultrafiltration membrane technology.

Published
2019-12-01