ROAD ASSET MANAGEMENT SYSTEM DALAM PENANGANAN LONG SEGMENT JALAN NASIONAL (STUDI KASUS : BATAS KOTA SEKAYU– MANGUN JAYA)
Abstract
ABSTRAK: Pembangunan jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan hidup bagi masyarakat Indonesia, khususnya pada jalan nasional. Apabila terjadi kerusakan pada jalan khususnya jalan nasional dapat berdampak besar pada kondisi sosial dan ekonomi masyarakat setempat, karena jalan nasional merupakan jalan penghubung antar provinsi yang digunakan sebagai salah satu jalur alternatif transportasi darat. Jalan Batas Kota Sekayu - Mangun Jaya termasuk salah satu jalan nasional di Sumatera Selatan yang banyak terdapat kerusakan jalan. Long segment merupakan penanganan preservasi jalan dalam batasan satu panjang ruas jalan menerus yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan kondisi jalan yang seragam yaitu jalan mantap dan standar sepanjang segmen. Salah satu cara untuk menganalisis dan memperkirakan secara berkala data pada jaringan jalan yaitu menggunakan aplikasi Road Asset Management System (RAMS). Aplikasi tersebut merupakan suatu perencanaan yang memiliki basis data yang menyimpan, menyajikan informasi data jalan serta bertujuan untuk pemeliharaan,peningkatan, pengoperasian aset fisik yang hemat biaya dalam suatu pekerjaan jalan agar tidak terjadi overload anggaran biaya pada suatu proyek. Adapun hasil analisis perhitungan biaya perawatan dan penanganan pada ruas jalan Sekayu–Mangun Jaya yang didapat setelah semua data diunggah dan diproses pada aplikasi RAMS pada tahun 2019 sebesar Rp.2.777.668.318, pada tahun 2020 sebesar Rp.24.735.034.168, pada tahun 2021 sebesar Rp.6.695.598.356, pada tahun 2022 sebesar Rp.10.436.064.083, pada tahun 2023 sebesar Rp.16.070.598.318 dan hasil penanganan yang didapat ada enam cara yaitu warranty period, heavy routine maintenance, routine preventive, rutin kondisi, penanganan mayor rehab dan routine maintenance yang dilakukan per 100 meter STA.
Kata Kunci: Road Asset Management System
ABSTRACT: Road construction holds an important role as a part of transportation infrastructure to facilitate Indonesian people on the needs of national road. When a damage occurs on national road, it can give a huge impact to social and economic condition of the people who depend on it, since it acts as a platform for road transportation which connects multiple provinces. Sekayu - Mangun Jaya city limits road is one of national roads in South Sumatra which has several damages. One of the factors is the presence of vehicles with overload capacity. In order to fix the problem, the road needs to be preserved properly. Long segment is one of the preservation method by carrying out road preservation activities in one continuous segment with the aim to obtain uniform and good road conditions for all segments. One of the alternative ways to analyze and estimate the cost of road preservation is using Road Asset Management System (RAMS) application software. Its function mainly focused on planning, saving, and presenting the database of road information. Furthermore, this application software aims on road preservation, improvement, and low cost physical assets operation to avoid the overload budget on a project. On this research, the analysis of budget estimates for preservation and maintenance on Sekayu – Mangun Jaya after having uploaded on RAMS application software including, Rp.2,777,668,318 for 2019, Rp.24,735,034,168 for 2020, Rp.6,695,598,356 for 2021, Rp.10,436,064,083 for 2022, and Rp.16,070,598,318 for 2023. The total estimates were based on warranty period, heavy routine, maintenance, routine preventive, routine condition, major rehabilitation, and routine maintenance which parted for each 100 meters STA.
Keywords: Road Asset Management System