IMPLEMENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PALEMBANG

  • A. H. Dalimunthe Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Herlina Herlina Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • D. W. Sari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • P. Kurniasari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • S. Agustina Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: UMKM, Promosi, Teknologi Informasi, Aplikasi

Abstract

ABSTRAK: Bidang promosi merupakan salah satu faktor yang akan menjadikan kemajuan bidang usaha maka promosi sangat penting bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Teknologi informasi pada saat ini menjadi media yang sangat menarik dijadikan media promosi bagi para pelaku usaha. Perusahaan berskala nasional dan internasional sudah pasti memanfaatkan teknologi informasi sebagai media promosinya. Begitu juga dengan UMKM di Kota Palembang sebaiknya turut serta memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan penjualan. Mahasiswa Universitas Sriwijaya pada Jurusan Teknik Elektro telah mengembangkan suatu aplikasi mobile sebagai media promosi elektronik bagi pelaku usaha di Kota Palembang. Aplikasi tersebut dirancang melalui proses penelitian dan sampai saat ini aplikasi tersebut masih terus dikembangkan sehingga UMKM di Kota Palembang dapat memanfaatkan aplikasi tersebut serta juga memanfaatkan media sosial yang familiar di masyarakat Kota Palembang sebagai media promosi. Suatu kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pendampingan sangat tepat untuk dilakukan agar para pelaku UMKM di Kota Palembang dapat mengimplementasikan aplikasi tersebut untuk usaha UMKM mereka. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan tahap - tahap sebagai berikut : 1) Persiapan aplikasi teknologi informasi, 2) Menjelaskan manfaat teknologi informasi sebagai media promosi. 3) Implementasi menggunakan teknologi informasi sebagai media promosi dan 4) Evaluasi penggunaan teknologi informasi sebagai media promosi.

Kata Kunci : UMKM, Promosi, Teknologi Informasi, Aplikasi

ABSTRACT: The promotion is one of the factors that will make progress in the field of business so promotion is very important for the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Palembang. Information technology is currently a very interesting medium to be used as a promotional media for business people. National and international scale companies certainly use information technology as their promotion media. Likewise with MSMEs in the city of Palembang, they should take part in utilizing information technology to increase sales. The students of Universitas Sriwijaya in the Electrical Engineering Department have developed a mobile application as an electronic promotion media for business people in the city of Palembang. The application was designed through a research process and the application is still being developed until now so that MSMEs in Palembang can utilize the application and also utilize social media that are familiar as promotional media in the city of Palembang. A community service activity in the form of assistance is very appropriate to be carried out so that the MSMEs in Palembang can implement the application for their MSME businesses. Community service activities with the following stages: 1) Preparation of information technology applications, 2) Explain the benefits of information technology as a promotional media. 3) Implementation of using information technology as promotional media and 4) Evaluation of the use of information technology as promotional media.

Keywords: UMKM, Promotion, Information Technology, Application

Published
2022-06-09