PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BERKARIER DALAM BIDANG PERPAJAKAN (STUDI KASUS MAHASISWA S1 AKUNTANSI)

  • Lilis Ardini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
  • Yuniar Ambarwanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya
Keywords: Motivasi, Minat, Karier, Perpajakan

Abstract

ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi, motivasi sosial, dan motivasi pertimbangan pasar kerja terhadap minat berkarier dalam bidang perpajakan pada mahasiswa akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data dari penelitian ini dengan memanfaatkan data primer yaitu menyebar kuisioner kepada mahasiswa akuntansi angkatan tahun 2014 dan 2015 yang sedang menempuh skripsi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 89 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linear berganda, dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh motivasi terhadap minat berkarier dalam bidang perpajakan. Motivasi kualitas berpengaruh positif karena banyak mahasiswa akuntansi yang masih ingin meningkatkan kualitasnya saat berkarier dalam bidang perpajakan. Motivasi karier berpengaruh positif karena banyak orang yang ingin meningkatkan jabatan dan mengembangkan karirnya dengan melakukan pekerjaan yang ditekuni. Motivasi ekonomi berpengaruh positif karena para mahasiswa beranggapan dengan memilih untuk berkarier dalam bidang perpajakan akan meningkatkan penghasilannya. Motivasi sosial berpengaruh negatif karena setiap individu akan lebih dihargai menjadi seorang pengusaha yang dapat membuat lapangan pekerjaan sendiri untuk orang lain. Motivasi pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat berkarier karena mahasiswa beranggapan bahwa pekerjaan di bidang perpajakan merupakan bidang yang sulit untuk dipelajari.

Kata Kunci: Motivasi, Minat, Karier, Perpajakan

ABSTRACT: This research aimed to find out the effect of quality motivation, career motivation, economy motivation, social motivation, and considering motivation of job market on the carrier motive of taxation for accounting students. The research was quantitative. While, the data used primary in wich questionnaires as instrument. In line with, the questionnaires were given to accounting students in academic year of 2014 and 2015, who were taking undergraduate thesis. Moreover, there were 89 samples. In addition, the data analysis technique used multiple linear regression with SPSS version 23. The research result concluded the quality motivation had positive effect on the carrier motive of taxation. It happened as there were many accounting students who wanted to improve their quality in carrier of taxation. It meant, there were many people who wanted to improve position and develop their carrier by doing what they had done. Furthermore, economy motivation had positive effect on the carrier motive of taxation. In other words, there were many students thought to improve their income when having carrier on taxation. On the other hand, social motivation had negative effect on the carrier motive of taxation as every individual would be more respected when they worked as entrepreneur and made their own job market. Likewise, considering motivation of job market did not effected on the carrier motive of taxation. This happened as many students thought working on taxation was difficult one.

Keywords: Motivation, Motive, Career, Taxation

Published
2022-06-09