PEMBUATAN MANNEQUIN MINIM BIAYA BAGI PENGUSAHA BUSANA PEMULA
Abstract
ABSTRAK: Saat ini pemerintah menggalakkan program pemberdayaan perekonomian masyarakat, terutama difokuskan pada usaha kecil skala rumah tangga. Shirouoshien merupakan nama salah satu toko online yang berjualan pakaian untuk kalangan menengah ke bawah karena harganya yang sangat ekonomis bagi masyarakat yakni tersedia mulai dari harga Rp20.000,- sampai dengan Rp45.000,-. Sebagai usaha yang dijalankan dari rumah dan tidak memiliki toko khusus, kegiatan yang berlangsung merupakan pemesanan pakaian dan pengunggahan foto pakaian yang siap di jual ke toko online melalui pemasaran digital. Shirouoshien saat ini melakukan penjualan melalui internet dan menjadikannya sebagai mata pencaharian sampingan yang cukup dapat diandalkan untuk menunjang biaya kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dihadapi mitra antara lain :sebagai usaha yang baru berdiri pemilik masih kesulitan dalam memasarkan produk melalui internet khususnya saat melakukan sosialisai melalui social media, bahwa pemilik masih memiliki keterbatasan dalam patung peraga (mannequin) sebagai alat display produk. Alasan utamanya adalah harga patung peraga (mannequin) itu mahal. Hal tersebut membuat pemilik harus manual foto satu persatu produk dan ketika melakukan siaran pemilik harus manual menunjukkan produk kepada penonton lewat foto atau video. Selain itu pemilik juga sekali-kali membuka lapak pinggir jalan , sehingga perlu alat bantu display. Bagi pengusaha pemula alat bantu display berbiaya murah sangat diperlukan. Alat bantu tersebut telah kami buatkan dan telah sukses diuji coba, yaitu alat bantu display berupa tiang peraga fashion yang kami sebut TiFash. TiFash ini dapat berperan sebagai alat peraga fashion, terbuat dari kayu, kaki besi yang kuat, dan semua sambungan terbuat dari baut dan mur sehingga mudah dibongkar pasang dimanapun. Tinggi 160 cm, TiFash ini dapat digunakan untuk display pakaian wanita dan laki2. . Metode yang dipakai dalam menghadapi persoalan mitra adalah observasi dan survei langsung ke obyek penelitian sehingga dapat berdialog dan berdiskusi langsung dengan mitra dalam kesepakatan mencari solusi persoalan yang menjadi prioritas dan evaluasi hasil bersama-sama. Kegiatan pengabdian bagi masyarakat ini menghasilkan penurunan pengeluaran modal usaha dan peningkatan pelayanan bagi konsumen secara online dan offline
Kata Kunci: Mannequin, Pengusaha Pemula, TiFash, Minim biaya, online, offline.
ABSTRACT: Currently the government is promoting community economic empowerment programs, mainly focused on small scale household businesses. Shirouoshien is the name of an online shop that sells clothes for the middle to lower classes because the price is very economical for the public, which is available starting from Rp. 20,000 to Rp. 45,000. As a business that is run from home and does not have a specialty shop, the ongoing activity is ordering clothing and uploading photos of clothing that are ready to sell to online stores through digital marketing. Shirouoshien is currently selling through the internet and making it a side income that is reliable enough to support the cost of daily life. Problems faced by partners include: as a newly established business the owner still has difficulty marketing products through the internet, especially when conducting socialization through social media, that the owner still has limitations in displaying a statue (mannequin) as a product display tool. The main reason is that the price of the statue (mannequin) is expensive. This makes the owner must manually photograph one by one product and when doing broadcasts the owner must manually show the product to the audience through photos or videos. In addition, the owner also opens the roadside shanties, so he needs display aids. For beginners entrepreneurs low-cost display aids are needed. We have made these aids and have been successfully tested, which are display aids in the form of fashion poles that we call TiFash. TiFash can act as a fashion props, made of wood, strong iron legs, and all connections are made of bolts and nuts so it is easy to be installed anywhere. Height 160 cm, this TiFash can be used to display women's and men's clothing. . The method used in dealing with partner problems is direct observation and survey to the object of research so that they can dialogue and discuss directly with partners in an agreement to find solutions to priority problems and evaluate the results together. Community service activities have resulted in decreased business capital expenditure and increased services for consumers online and offline
Keywords: Mannequin, Beginner Entrepreneur, TiFash, Minimal cost, online, offline.