GAMBARAN MANAJEMEN KEGIATAN PELATIHAN SERVICE EXCELLENT DI RUMAH SAKIT BUNDA PALEMBANG

  • Melda Emilya Universitas Sriwijaya
  • Rizma Adlia Syakurah Universitas Sriwijaya
Keywords: Manajemen Proyek, Pelatihan, Pelayanan Kesehatan

Abstract

ABSTRAK: Keterampilan pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu pelayanan Rumah Sakit. Namun hal tersebut masih menjadi masalah sehingga mengakibatkan adanya kesenjangan. Penyelenggara kesehatan perlu mengadakan pelatihan kepada pegawai agar pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kegiatan pelatihan service excellent pada pegawai di Rumah Sakit Bunda Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek yang diteliti yaitu gambaran pelaksanaan kegiatan pelatihan service excellent di Rumah Sakit Bunda Palembang. Pelaksaan kegiatan dilakukan pada bulan April 2022 dengan populasi semua pegawai yang memberikan pelayanan kesehatan. Data didapatkan dari hasil data tertulis di Rumah Sakit, wawancara serta observasi selama kegiatan dilakukan. Hasil kegiatan kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan karena banyak keluhan dari pasien mengenai pelayanan di Rumah Sakit Bunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen proyek yang terdiri dari tahap inisiasi kegiatan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan supervisi serta tahap evaluasi dan pelaporan. Berdasarkan hasil kegiatan didapatkan bahwa pelaksanaan pelatihan pada pegawai Rumah Sakit Bunda berjalan dengan lancar. Adapun kendala yang ditemukan antara lain karyawan masih belum percaya diri untuk mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan, tim kerja yang kurang kompak karena merasa beban kerja yang melebihi kemampuan serta pengaruh kebiasaan lama yang belum bisa ditinggalkan sepenuhnya. Diharapkan kepada pegawai untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dari pelatihan sehingga membantu dalam memuaskan harapan pasien yang berobat.

 

Kata Kunci : Manajemen Proyek, Pelatihan, Pelayanan Kesehatan

Author Biographies

Melda Emilya, Universitas Sriwijaya

Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Rizma Adlia Syakurah, Universitas Sriwijaya

Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Published
2023-01-18