SOSIALISASI PENERAPAN BUY THE SERVICE ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) TRAYEK ASRAMA HAJI-SEMATANG BORANG

  • Melawaty Agustien
  • E. Buchari
  • M. Foralisa1,
  • Rosidawani Rosidawani
  • D.Y Permata
  • F. Alia
  • E. Kadarsa
  • Rhaptial yani
  • F. Hadinata
  • Hana fiah
  • C Indriyati
  • Indra yani
  • I. Satriadi
Keywords: Angkot Feeder, Buy The Service, Sosialisasi

Abstract

 

ABSTRAK: Angkot feeder LRT Musi Emas merupakan angkutan umum jenis angkutan kota (angkot) yang pertama dalam program Buy The Service oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia untuk Kota Palembang. Operator yang menjalankan operasional layanan Teman Bus di Kota Palembang adalah PT. Transportasi Global Mandiri. Angkutan jenis angkot  ini menjadi penunjang mobilisasi masyarakat Kota Palembang yang terkoneksi dengan layanan angkutan massal LRT dan Teman Bus. Angkot ini melayani dua koridor yaitu Koridor Asrama Haji – Sematang Borang dan Talang Kelapa Talang Buruk. Hingga saat ini tingkat load factor angkot feeder LRT Musi Emas sudah mencapai lebih dari 100 persen. Fenimena ini tentu merupakan suatu hal yang sangat baik dan artinya pelayanan angkot feeder LRT perlu dipertahankan bahkan di tingkatkan. Selain peningkatan pelayanan, yang penting dilakukan juga adalah sosialisasi mengenai angkot ini agar masyarakat faham perbedaannya dengan angkot lain yg beroperasi di Palembang. Pemberian informasi dan sosialisasi mengenai trayek, rute dan karakteristik operasional angkot feeder LRT Musi Emas  sangat penting dilakukan karena angkot ini mempunyai  pelayanan sistem monitoring dan informasi yang dapat memberikan pelayanan keamanan, kenyamanan dan keselamatan bagi penumoang angkutan umum. Berdasarkan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah di lakukan, diketahui sebanyak 72% khlayak sasaran pada kegiatan PPM sudah  mengetahui dan menggunakan angkot feeder LRT Musi Emas. Berdasarkan hasil kuesioner diketahui penilaian masyarakat terhadap keandalan, bukti fisik, jaminan, daya tanggap dan empati dari angkot feeder LRT Musi Emas masing-masing sebesar  30%, 66%, 73%, 66% dan 48%. Rata-rata hasil penilaian masyarakat terhadap pelayanan angkot feeder LRT Musi Emas adalah sebesar 57%. Hasil pengamatan karakteristik operasional Teman Bus, diketahui  rata-rata load faktor 107,06 %, rata-rata headway time  7  menit, rata-rata waktu perjalanan antar halte 2 menit dan rata-rata kecepatan perjalanan 20-30 Km/Jam

 

Kata Kunci: Angkot Feeder, Buy The Service, Sosialisasi

Published
2023-01-18