ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN TOL PALINDRA DARI SEGI PENGGUNA

  • A Y Kurnia Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • M Pataras Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • D Y Permata Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya, Palembang
Keywords: Pelayanan Jalan Tol, Important Performance Analysis

Abstract

ABSTRAK: Tol Palindra mulai beroperasi pada tahun 2017 sebagai solusi atas padatnya jalur lalu lintas rute Palembang – Indralaya. Namun, sering kali yang terjadi adalah penyediaan jalan tol tidak diikuti dengan kualitas pelayanan yang maksimal. Penelitiian ini dilakukan untuk menganalisa tingkat pelayanan jalan Tol Palindra dari segi pengguna dan menentukan atribut layanan apa saja yang harus ditingkatkan agar dapat memenuhi harapan pengguna jalan. Tingkat pelayanan ini diukur dalam tingkat kepuasan pengguna jalan tol. Survey pada pengguna jalan Tol Palindra dilakukan untuk mengumpulkan data, kemudian dilakukan uji validasi dan reabilitas, Important Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan tingkat kepuasan pengguna Tol Palindra sebesar 3,16 yang dapat diartikan bahwa pengguna merasa cukup puas terhadap pelayanan jalan Tol Palindra. Atribut layanan yang perlu ditingkatkan dari hasil analisis yaitu kondisi tikungan, tanjakan dan turunan jalan yang aman dan nyaman saat dilintasi, kondisi permukaan jalan tol yang rata dan tidak licin, dan tersedianya pagar pengaman median dan pagar pembatas jalan tol.

Kata Kunci: Pelayanan Jalan Tol, Important Performance Analysis

ABSTRACT: The Palindra toll road began operating in 2017 as a solution to the congestion of traffic on the Palembang - Indralaya route. However, what often happens is that the provision of toll roads is not followed by maximum service quality. This research was conducted to analyze the service level of the Palindra Toll road in terms of users and determine what service attributes should be improved in order to meet the expectations of road users. This level of service is measured in the satisfaction level of toll road users. A survey on Palindra Toll road users was carried out to collect data, then performed validation and reliability tests, Important Performance Analysis (IPA). The result of the analysis shows that the satisfaction level of Palindra Toll road users is 3.16 which means that the users are quite satisfied with the Palindra Toll road services. Service attributes that need to be improved from the results of the analysis are Condition for bends and gradient of road that safe and comfortable when traversed, road surface condition that flat and non-slippery, and availability of median safety fences and road guardrails.

Keywords: Toll road level of service, Important Performance Analysis.

Published
2021-06-30