STRATEGI BERTAHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH SEKTOR KULINER DI MASA PANDEMI COVID -19

  • Januar Eko Aryansah Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya
  • Dwi Mirani Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya
  • Martina Martina Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Strategi, Pandemi, UMKM

Abstract

ABSTRAK : Tahun 2020 ditetapkan sebagai tahun pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat yang berdampak kepada hampir semua sektor kehidupan, begitu juga dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor kuliner sebagai salah satu sektor ekonomi yang mengalami dampak akibat pandemi ini. Agar dapat terus bertahan Pelaku UMKM sektor ini harus mampu mengkreasikan berbagai langkah atau strategi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bertahan UMKM Sektor kuliner di masa pandemi covid-19, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pelaku UMKM sehinga dapat bertahan di tengah Pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualilatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk bertahan di masa pandemi Pelaku UMKM memiliki strategi sebagai berikut yaitu, menggunakan pemasaran melalui media sosial berupa instragram, facebook, whatsapp, bekerjasama dengan pihak penyedia jasa transportasi online seperti gofood dan grabfood, melakukan inovasi pada produk kuliner yang dibutuhkan masyarakat saat masa pandemi, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Kata Kunci: Strategi, UMKM, Pandemi

ABSTRACT: The year of 2020 is designated as the year of a global pandemic by the world health organization (WHO), to prevent the spread of the covid-19 virus, the government issued policies that affect community activities that impact almost all sectors of life, as well as the culinary sector micro, small and medium enterprises (MSMEs) as one of the economic sectors affected by this pandemic. In order for the sector to continue to survive, umkm players must be able to survive by creating various steps or strategies. The problem seen in this study is how the culinary sector msme survival strategy during the covid-19 pandemic, while the purpose of this study is to find out the strategies used by MSMEs so that they can survive in the of a pandemic. This research uses qualitative research methods, namely research procedures that produce descriptive data in the form of written or spoken words from people and observed behavior. The data study technique was through observation, interview and documentation. The data were analyzed using qualitative analysis techniques. The results show that to survive during the pandemic, msme players have the following strategies, namely, using marketing through social media in the form of instagram, facebook, whatsapp, collaborating with online transportation service providers such as gofood and grabfood, innovating culinary products that are needed by the community during a pandemic, and increase customer trust

Keywords: Strategy, MSMEs, Pandemic

Published
2021-07-01