PENAMBAHAN FITUR VOUCHER DIGITAL PADA APLIKASI MOBILE MEDIA PROMOSI ELEKTRONIK PELAKU USAHA DI KOTA PALEMBANG
Abstract
ABSTRAK: Sistem promosi secara online bagi pelaku usaha di kota Palembang berbasis aplikasi mobile telah diimplementasikan sebagai media promosi elektronik bagi pelaku usaha di kota Palembang. Pada aplikasi tersebut pelaku usaha dapat mempromosikan berbagai produk usahanya dengan gambar dan rangkaian kalimat penjelasan secara rinci. Penambahan fitur voucher digital akan membuat aplikasi menjadi lebih menarik lagi sebagai media promosi elektronik. Para pelaku usaha dapat memberikan penawaran yang menarik ke masyarakat untuk membeli produk usahanya dengan potongan harga melalui penyediaan voucher digital yang hanya dapat diakses oleh para pengguna aplikasi yang terdaftar. Pada penambahan fitur voucher digital tesebut dilakukan proses perancangan aplikasi dengan metode pengembangan aplikasi Waterfall Model sebagai referensi serta melakukan modifikasi untuk penyesuaian tahapan pengembangan. Beberapa diagram UML 2.0 digunakan pada tahapan analisis sedangkan perangkat lunak CodeIgniter dan Ionic digunakan pada tahapan pengkodingan. Untuk tahapan pengujian menggunakan metode black box. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media promosi elektronik yang telah ditambah fitur voucher digital. Setelah diujikan kepada pengguna, mereka berpendapat setuju jika fitur voucher mudah dipahami untuk digunakan dan sebagai salah satu sistem promosi produk usaha.
Kata Kunci: Voucher Digital, Aplikasi Mobile, Pelaku Usaha
ABSTRACT: The online promotion system for business actors in Palembang city based on mobile applications has been implemented as an electronic promotion medium for business players in Palembang city. In this application, business actors can promote their various business products with pictures and a series of detailed explanatory sentences. The addition of the digital voucher feature will make the application even more attractive as an electronic promotional media. Business actors can provide attractive offers to the public to buy their business products at a discount through the provision of digital vouchers that can only be accessed by registered application users. The addition of the digital voucher feature is the application design process using the Waterfall Model application development method as a reference and making modifications to adjust the development stages. Some UML 2.0 diagrams are used at the analysis stage, while the CodeIgniter and Ionic software are used at the coding stage. For the testing phase using the black box method. This research produces an electronic promotional media application that has added a digital voucher feature. After being tested on users, they agree that the voucher feature is easy to understand for use and as a business product promotion system.
Keywords: Digital Vouchers, Mobile Applications, Business Actors