PROGRAM PENDAMPINGAN MASYARAKAT UNTUK PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MASJID DAHLAN HUSEN BERKONSEP ARSITEKTUR EKOLOGI DI KELURAHAN TALANG KERAMAT, KECAMATAN TALANG KELAPA, KABUPATEN BANYUASIN

  • F Amalia Program Studi Teknik Arsitektur, Universitas Sriwijaya
  • R D Putri Program Studi Teknik Arsitektur, Universitas Sriwijaya
  • S Haryati Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya, Palembang
Keywords: Masjid, perencanaan dan perancangan, arsitektur ekologi

Abstract

ABSTRAK: Masjid merupakan rumah peribadatan umat islam. Masjid yang di bangun banyak jenis nya baik dari segi bentuk, luasannya, dan pelayanan yang diberikan. Di Talang keramat sendiri terdapat donatur yang mewakafkan sebagian tanahnya untuk dijadikan Masjid sebagai sarana dan fasilitas bagi warga sekitar Jl. Abd. Gofar RT 16 Kelurahan Talang Keramat. Proses pembangunan masjid dilakukan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Masjid yang direncanakan berada di kawasan tanah rawa sehingga perlu dilakukan perencanaan khusus dalam perancangan masjid tersebut. Saat ini masjid telah berjalan hingga proses pemasangan pondasi dan kolom. Pengurus masjid dan masyarakat kebingungan dalam proses pembangunan selanjutnya karena tidak ada gambar rencana desain dan kondisi tanah rawa yang mengakibatkan hambatan dalam proses pembangunan. Oleh sebab itu perlu dilakukan pendampingan kepada masyarakat untuk proses perencanaan dan perancangan masjid sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam perencanaan dan perancangan Masjid dengan konsep arsitektur ekologi sesuai dengan kondisi lingkungan dan masyarakat di Jl. Abd. Gofar RT 16 Kelurahan Talang Keramat. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan survei lapangan, wawancara dan berdiskusi dengan pengurus masjid dan masyarakat sekitar, penyuluhan kepada pengurus dan masyarakat pentingnya proses perencanaan dan perancangan bangunan, dan terakhir penyerahan analisa konsep dan rancangan gambar masjid. Dengan ini diharapkan adanya kesadaran masyarakat akan proses perencanan dan perancangan terlebih dalam suatu pembangunan. Kesimpulan yang didapat dari pendampingan ini adalah metode sharing langsung di lapangan dan diskusi informal merupakan metode yang paling efektif dalam memberikan pengertian kepada masyarakat pentingnya proses dalam suatu rancangan bangunan.

Kata Kunci: Masjid, perencanaan dan perancangan, arsitektur ekologi

ABSTRACT: The mosque is a spiritual place for Muslims. There are many types of mosques that are built in terms of shape, area, and services In Talang keramat there is a donor who donate part of the land to be used as a mosque as a means and facilities for residents around Jl. Abd. Gofar RT 16 Kelurahan Talang Keramat. The consruction of mosque was carried out without any planning. The mosque is planned to be in a swampland area, so that there is needed a planning to design the mosque. Currently the mosque has been running until the process of installing foundations and columns. The mosque management and the community were confused in the next process of mosque because there was no design plan drawing and the condition of the swamp land resulted in obstacles in the development process. Therefore it is necessary to provide assistance to the community for the planning and design of a mosque in accordance with the current conditions. The purpose of this dedication is to provide assistance in planning and designing a mosque with the concept of ecological architecture according to environmental and community conditions on Jl. Abd. Gofar RT 16 Kelurahan Talang Keramat. The method used is by conducting field surveys, interviews and discussions with mosque administrators and the surrounding community, counseling to administrators and the community the importance of the planning and building design process, and finally submitting concept analysis and mosque drawing designs. With this, it is hoped that there will be public awareness of the planning and design process, especially in a development. The conclusion obtained from this assistance is that direct sharing methods in the field and informal discussions are the most effective methods in giving understanding to the community the importance of the process in a building design.

Keywords: Mosque, planning and designing, ecological architecture

Published
2021-07-08