PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI PELATIHAN DALAM BENTUK TES UNTUK ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BAGI GURU SDIT AULADI SEBRANG ULU II PALEMBANG
Abstract
ABSTRAK: Mulai tahun 2021 tidak ada lagi ujian nasional baik pada jenjang pendidikan dasar maupun menengah, dan sebagai gantinya adalah Asesmen Kompetensi Minimum. Asesmen ini dilakukan berdasarkan pengukuran kemampuan literasi dan kemampuan numerasi. Mempersiapkan murid-murid SD menghadapi penilaian kemampuan numerasi merupakan tantangan tersendiri bagi guru-guru SD, khususnya guru-guru SD swasta seperti SDIT Auladi Sebrang Ulu II Palembang, karena kemampuan numerasi ini merupakan kemampuan lintas mata pelajaran dan terkait dengan logika, sains dan juga berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi guru-guru SDIT Auladi setelah mengikuti pelatihan dalam bentuk penyelesaian soal-soal tes. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru-guru di SD IT telah menguasai materi yang diberikan dalam pelatihan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian uji beda rata-rata yang menolak hipotesis null. Jadi terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan anatara nilai pra-test dan nilai post-test. Jadi kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan numerasi guru-guru SD IT. Hal ini penting untuk menunjang program pemerintah terkait Asesmen Kompetensi Minimum untuk Kemampuan numerik bagi siswa SD.
Kata Kunci: asesmen, kompetensi, numerasi
ABSTRACT: Starting in 2021, there will be no more national examinations at the primary and secondary education levels, and instead are the Minimum Competency Assessment. This assessment is carried out based on the measurement of literacy skills and numeracy skills. Preparing elementary students to face numeracy ability assessment is a challenge in itself for elementary school teachers, especially private elementary school teachers such as SDIT Auladi Sebrang Ulu II Palembang, because this numeracy ability is a cross-subject ability and is related to logic, science and also arithmetic. . This study aims to determine the increase in the numeracy skills of SDIT Auladi teachers after attending the training in the form of solving test questions. Based on the results of the activities carried out by providing training to these teachers, it can be concluded that the teachers at SD IT have mastered the material provided in the training. This is shown by the results of the average difference test which rejects the null hypothesis. So there is a significant difference in the mean between the pre-test and post-test scores. So this activity succeeded in improving the numeracy skills of elementary IT teachers. This is important to support government programs related to Minimum Competency Assessment for numerical Abilities for elementary students.
Keywords: assessment, competence, numeration