ANALISIS QUANTITY TAKE-OFF MENGGUNAKAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA JEMBATAN OVERPASS STA. 81+750 PROYEK JALAN TOL KAYU AGUNG – PALEMBANG – BETUNG

  • Z. Tenno Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • A. Saggaf Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • I. C. Juliana Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Quantity Take-Off, Building Information Modelling, Konstruksi, Jembatan, Jalan Tol

Abstract

ABSTRAK: Perkembangan infrastruktur di Indonesia beberapa tahun ini mengalami kemajuan. Salah satu pembangunan infrastrukturnya yaitu pembangunan Jalan Tol pada pulau Sumatera khususnya Sumatera Selatan yang berada dilokasi Kayu Agung – Palembang – Betung, selain itu juga disebut sebagai Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Pembangunan Jalan Tol ini berlokasi Tahap II Seksi III Sta. 75+000 sampai dengan Sta. 90+690 yang memiliki struktur jembatan jalan (overpass) salah satunya Sta. 81+750. Perhitungan Quantity Take-Off (QTO) dapat dilakukan dengan cara konvensional maupun menggunakan Building Information Modelling (BIM), akan tetapi pada saat penyesuaian perhitungan dapat terjadi perubahan biaya konstruksi pada QTO. Oleh karena itu, BIM diyakini akan membantu mengurangi kesalahan dalam perhitungan QTO yang menyebabkan estimasi biaya proyek tidak akurat. Penelitian ini akan menganalisis perbedaan antara perhitungan secara konvensional dan secara BIM dengan metode quantitative. Menurut temuan studi, ada perbedaan 2,11% dalam biaya keseluruhan antara pendekatan konvensional dan metode BIM. Hal ini selaras dengan penelitian sebelumnya menyebutkan metode BIM lebih sedikit dari pada metode konvensional sehingga penelitian ini menyebutkan bahwa perhitungan yang telah dilakukan mendapatkan efisiensi dan meminimalisir kesalahan perhitungan dengan menggunakan metode BIM.

 

ABSTRACT: Infrastructure development in Indonesia has progressed in recent years. One of the infrastructure developments is the construction of a Toll Road on the island of Sumatera, especially South Sumatra, located at Kayu Agung – Palembang – Betung, also known as The Trans Sumatra Toll Road (TSTR). The construction of this Toll Road is located in Phase II Section III Sta. 75+000 to Sta. 90+690 which has a road bridge structure (overpass), one of which is Sta. 81+750. Quantity Take-Off (QTO) calculations can be done conventionally or using Building Information Modelling (BIM). Still, at the time of calculation adjustments, there may be changes in construction costs in QTO. Consequently, it is believed that BIM will help reduce mistakes in QTO calculations, which lead to inaccurate project cost estimates. This research will analyze the differences between conventional calculations and BIM calculations with quantitative methods. According to the study’s findings, there was a 2.11% difference in overall cost between the conventional approach and the BIM method. This is in line with previous research which states that the BIM method is less expensive than conventional methods, so this research states that the calculations that have been carried out achieve efficiency and minimize calculation errors by using the BIM method.

Published
2024-12-21