MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP URGENSI PENGGUNAAN MASKER MASA COVID-19
Abstract
ABSTRAK: Kematian sebagai dampak terburuk penyebaran Covid-19 sebenarnya dapat dikurangi risikonya dengan menggunakan masker secara benar. Namun demikian penggunaan masker di area pasar sebagai pusat mobilisasi manusia, seringkali diabaikan. Diperlukan kesadaran penggunaan masker oleh pengunjung pasar agar kematian serta kasus penyebaran Covid-19 dapat direduksi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengenakan masker dengan tepat. Metode yang digunakan adalah melakukan wawancara singkat dan memberikan penyuluhan disertai pembagian masker kepada para pengunjung pasar. Diketahui bahwa alasan keengganan mengenakan masker saat mengunjungi pasar adalah dianggap merepotkan, membuat rasa pengap ketika bernafas, kesulitan saat berbicara dan terlupa. Setelah dilakukan penyuluhan secara massal disertai demonstrasi penggunaan masker, para pengunjung pasar dapat menyebutkan dampak buruk akibat kelalaian penggunaan masker dan berjanji untuk selalu mengenakan masker. Disarankan agar promosi kesehatan penggunaan masker dilaksanakan secara massif dan berkesinambungan agar dapat membentuk perilaku baru masyarakat untuk selalu menggunakan masker dalam setiap sendi kehidupan.
Kata kunci: Covid-19, masker, pencegahan, kesadaran masyarakat
ABSTRACT: Death as the worst potential impact of the spread of Covid-19, actually the risk can be reduced by using a mask properly. However, the use of masks in market areas as a center for human mobilization is often neglected. An awareness of the use of masks by market visitors is needed so that deaths and cases of the spread of Covid-19 can be reduced. This community service activity aims to increase public awareness of wearing masks appropriately. The method used is to conduct short interviews and provide counseling along with distributing masks to market visitors. It is known that the reasons for reluctance to wear a mask while visiting the market are considered to be troublesome, make you feel stuffy when breathing, difficulty speaking and forgetfulness. After mass counseling was carried out accompanied by a demonstration of the use of masks, market visitors could mention the bad effects of neglecting to use masks and promised to always wear masks. It is recommended that the health promotion of using masks be carried out massively and continuously in order to form a new behavior for the community to always use masks in every aspect of life.
Keywords: Covid-19, masks, prevention, public awareness