IMPLEMENTASI END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) METHOD PADA EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI PEMBELAJARAN E-LEARNING

  • Dhamayanti Dhamayanti Manajemen Informatika, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang ,Ilmu Teknik, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • E. Yulianti Sistem Informasi, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
Keywords: evaluasi, e-learning, End User Computing Satisfaction (EUCS)

Abstract

ABSTRAK: Pandemi Covid-19 yang muncul pada Desember 2019 sampai dengan sekarang mewajibkan dunia pendidikan di dunia khususnya di Indonesia melakukan pembelajaran secara daring. Universitas Indo Global Mandiri sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Palembang telah melaksanakan kuliah daring dengan menggunakan aplikasi e-learning sejak awal tahun 2020 hingga sekarang. Rencana ke depan Universitas IGM akan memanfaatkan aplikasi E-learning sebagai salah satu metode pembelajaran di Universitas IGM. Untuk menguji kesiapan dan ketangguhan aplikasi ini, maka diperlukan suatu evaluasi yang dapat meningkatkan kualitas aplikasi E-learning tersebut. Evaluasi ini akan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan yang menjadi responden penelitian adalah mahasiswa dan dosen yang telah menggunakan aplikasi E-learning terebut. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi E-Learning di Universitas Indo Global Mandiri sudah memberikan kepuasan bagi pengguna baik Dosen maupun Mahasiswa.

Kata Kunci: evaluasi, e-learning, End User Computing Satisfaction (EUCS)

ABSTRACT: The Covid-19 pandemic that emerged in December 2019 until now requires education in the world, especially in Indonesia, to do online learning. Indo Global Mandiri University as one of the private universities in Palembang has been conducting online lectures using e-learning applications since early 2020 until now. In the future, IGM University plans to use the E-learning application as one of the learning methods at IGM University. the readiness test and robustness of this application, an evaluation is needed that can improve the quality of the E-learning application. Thw evaluation will use the End User Computing Satisfaction (EUCS) method and the research respondents are students and lecturers who have used the E-learning application. The results of the research is concluded that the E-Learning application at Indo Global Mandiri University has provided satisfaction for both lecturers and students.

Keywords: evaluation, e-learning, End User Computing Satisfaction (EUCS)

Published
2021-07-14