ANALISIS POTENSI BANJIR BERDASARKAN METODE AHP DAERAH SUMBER JAYA DAN SEKITARNYA, KABUPATEN OKU SELATAN, PROVINSI SUMATERA SELATAN

  • A. K. Pandega Teknik Geologi, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • E. W.D. Hastuti Program Studi Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Metode AHP, Bahaya Banjir, Mitigasi Bencana

Abstract

ABSTRAK: Lokasi penelitian berada di Desa Sumber jaya Kota Muaradua, Oku Selatan dengan tujuan menentukan potensi ancaman banjir karena pada daerah ini terdapat sungai Komering yang cukup besar dan dapat mengancam kehidupan manusia. Penelitian ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dalam penentuan nilai akhir dari penyeleksian dan pembobotan dari parameter yang dikalikan satu sama lain. Nilai yang didapat dilanjutkan dalam pengerjaan SIG yang menjadi dasar dalam penarikan peta overlay zona ancaman banjir. Parameter yang digunakan adalah jarak dengan sungai, elvasi, litologi, kemiringan lereng, dan penggunaan lahan. Peta overlay yang dihasilkan memiliki tiga tingkat ancaman banjir yaitu, tinggi, sedang, dan rendah. Daerah dengan tingkat ancaman tinggi cenderung didekat sungai, berelevasi rendah, kemiringan kereng rendah, litologi granit dan area pemukiman. Hal ini membuktikan jika parameter jarak dengan sungai memiliki kontribusi yang paling tinggi dalam menetukan ancaman banjir. Dampak dari banjir dapat merugikan secara fisik maupun materil sehingga penelitan ini juga bertujuan dalam anstisipasi bahaya banjir, agar perkembangan daerah ini tidak terhambat dan mencegah kerugian yang lebih dari adanya bencana alam.

Kata Kunci: Metode AHP, Bahaya Banjir, Mitigasi Bencana

ABSTRACT: The research conducted in Sumber jaya Village, Muaradua City, South Oku with the aim of determining the potential threat of flooding because in this area there is a large Komering River that can threaten human life. The study uses AHP (Analytical Hierarchy Process) method in determining the final value of the selection and weighting of parameters multiplied by each other. The value obtained is continued in the work of GIS which was the basis for drawing a flood hazard zone overlay map. The parameters used are the distance to the river, elevation, lithology, slope, and land use. The resulting overlay map has three levels of flood threat namely, high, medium and low. Areas with a high level of threat tend to be near rivers, low elevation, low slopes, granite lithology and residential areas. This proves that the distance parameter with the river has the highest contribution in determining the threat of flooding. The impact of flooding can be physically and materially detrimental so that this research also aims at anticipating the danger of flooding, so that the development of this area is not hampered and prevents more losses from natural disasters.

Keywords: AHP Methods, Flood Hazards, Disaster Mitigation

Published
2021-08-09