STUDI LINGKUNGAN PENGENDAPAN FORMASI HALANG DAERAH MENTASAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN KAWUNGANTEN, KABUPATEN CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH

  • D. Rizkie Program Studi Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • B K Susilo Program Studi Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Turbidit, Formasi Halang, Fasies

Abstract

ABSTRAK: Formasi Halang pada daerah Mentasan dan sekitarnya memiliki karakteristik endapan turbidit yang cukup kompleks dengan asosiasi fasies turbidit dan kandungan fosil foraminifera yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lingkungan pengendapan Formasi Halang dengan mengidentifikasi karakteristik dari perserbaran asosiasi fasies turbidit, dan kemelimpahan kandungan foraminifera yang membentuk daerah Mentasan dan sekitarnya. Objek analisis menggunakan metode Measuring Section pada lintasan pengamatan singkapan lapangan dan pengambilan sampel batuan untuk analisis paleontologi dan fasies batuan. Berdasarkan penggabungan analisis yang telah dilakukan maka didapatkan persebaran fasies pada daerah Mentasan dan sekitarnya termasuk ke dalam Fine Grained Facies (FGF). Fasies batupasir karbonatan dan batunapal yang terendapkan pada kala Miosen Akhir dengan lingkungan pengendapan laut dalam atau pada zona batimetri berada pada Batial Atas. Hasil kajian endapan turbidit pada batuan- batuan Formasi Halang pada daerah Mentasan dan sekitarnya dapat disimpulkan bahwa Formasi Halang tersusun oleh tumpukan lidah kipas (lobe) yang membentuk Submarine Fan, dimana lingkungan pengendapan diinterpretasikan berada pada Submarine Fan dengan perubahan zona pada suprafan lobes on mid fan menuju outer fan.

Kata Kunci: Turbidit, Formasi Halang, Fasies.

ABSTRAK: The halang formation in the mentasan and surrounding areas has quite complex turbidite depositional characteristics with the association of facies turbidite and various fossil foraminifera contents. Related research to determine the halang formation depositional environment with the characteristic features of the turbidite facies association, and the abundance of foraminifera reserves that form the mentasan and surrounding areas. object analysis uses the measurement section method on field outcrop observations and sampling for paleontological analysis and rock facies. based on the combined analysis that has been done, the facies data obtained in the mentasan and surrounding areas are included in the fine grained facies (FGF). The facies of carbonate sandstone and sandstone deposited in the late miocene with deep sea depositional environments or in the bathymetry zone are in the upper batial. The results of the study of turbidite deposition in the rocks of the halang formation in the mentasan and surrounding areas can be denied by the halang formation composed by a depiction of a fan (lobe) that forms a submarine fan, so that deposition is interpreted as a submarine fan with a zone in the suprafan hole in the mid fan towards the outer fan.

Keyword: Turbidite, Halang Formations, Facies.

Published
2021-08-09