ANALISIS KEBUTUHAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA UNTUK PENGEMBANGAN BUKU AJAR READING DI STKIP PGRI SUMATERA BARAT
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan baik mahasiswa maupun dosen dalam pengintegrasian dan pengimplementasian pendidikan karakter pada mata kuliah Basic Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal ini dilatarbelakangi karena pengembangan kurikulum KKNI yang salah satu aspeknya adalah aspek keterampilan sikap. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (R and D) dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Ajaran 2017/2018 dan dosen Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat yang telah mengikuti dan mengajar mata kuliah Basic Reading. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek sikap yang harus dikembangkan dan diimplementasikan pada buku ajar Basic Reading ini didasari oleh Permendikbud Nomor 49 tahun 2014. Aspek sikap tersebut berhubungan dengan nilai kemanusiaan, kepekaan sosial, dan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang diturunkan menjadi nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, disiplin, dan kejujuran. Dengan demikian, hasil penelitian menegaskan bahwa mata kuliah Basic Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat membutuhkan sebuah buku ajar yang dapat mengintegrasikan nilai – nilai karakter.
Kata Kunci: Analisa Kebutuhan, Pendidikan Karakter, Buku
ABSTRACT: This research is aimed to find out both students and lecturers’ needs and desires in integrating and implementing character education in Basic Reading courses at STKIP PGRI Sumatera Barat. The background of this research is the development of KKNI curriculum which one of the aspects is attitude skill. Design of this research is Research and Development (R and D) which the design used is descriptive qualitative. The participants in this research were English Department students of STKIP PGRI Sumatera Barat in 2017/2018 Academic Year and the lecturers who were taught Basic English courses at English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat. Data were collected through interview and Focus Group Discussion (FGD). The results show that moral values developed and implemented in Basic Reading textbook are based on Permendikbud Nomor 49 tahun 2014. Those moral values related to the human values, the social sensitivity, and the community and state life which are manifested into cooperation, responsibility, discipline, and honesty values. Thus, the results confrim that the Basic Reading course at STKIP PGRI Sumatera Barat requires a textbook which can integrate character values.
Keywords: Need Analysis, Character Education, Book