Pemberdayaan Masyarakat Dalam Strategi Pengembangan Ruang Terbuka Publik Di Kawasan Permukiman Masjid Sungai Lumpur 11 Ulu Palembang

  • Fuji Amalia Teknik Arsitektur, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Rizka Drastiani Teknik Arsitektur, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Ria Dwi Putri Teknik Arsitektur, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Ardiansyah Ardiansyah Teknik Arsitektur, Universitas Sriwijaya, Palembang
Keywords: Ruang Terbuka Publik, perencanaan dan perancangan, wisata

Abstract

ABSTRAK: Ruang terbuka publik merupakan bagian dari masyarakat yang digunakan sebagai kegiatan sosialisasi yang juga memberikan karakter tersendiri pada suatu kawasan terutama kawasan wisata. Di Palembang terdapat banyak sekali perkampungan bersejarah salah satunya Permukiman Masjid Sungai Lumpur yang merupakan perkampungan etnis Arab dimana kampung ini memiliki potensi sebagai kampung wisata. Di perkampungan ini terdapat ruang terbuka publik yang belum ditata dan difungsikan secara maksimal. Padahal jika dilihat dari kondisi sekitarnya ruang terbuka ini dikeliling sekitar 6-7 rumah lama yang usianya sekitar 300-400 tahun. Hal ini merupakan potensi yang bisa dikembang sebagai pendukung kawasan wisata dan kondisi pandemi yang memang memerlukan ruang -ruang terbuka untuk kenyamanan sosialisasi. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat Permukiman Masjid Sungai Lumpur dalam perencanaan dan perancangan ruang terbuka publik yang mendukung kawasan permukiman dan wisata. Sehingga diharapkan niat menjadikan kawasan ini sebagai kawasan wisata pun bisa tercapai. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberdayakan potensi yang ada di permukiman ini serta mengajak masyarakat dalam perencanaan dan perancangan ruang terbuka publik sesuai dengan potensi di Permukiman Masjid Sungai Lumpur 11 Ulu. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan survei lapangan, wawancara dan berdiskusi dengan masyarakat, analisa dan konsep rancangan, gambar desain ruang terbuka publik. Sehingga nantinya dalam pengabdian ini akan didapat rancangan ruang terbuka publik sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan wisara serta diharapkan juga masyarakat mengetahui pentingnya proses dalam suatu perencanaan dan perancangan ruang terbuka publik.

Kata kunci : Ruang Terbuka Publik, perencanaan dan perancangan, wisata

ABSTRACT: Public open space is part of the community that is used as a socialization activity which also gives its own character to an area, especially a tourist area. In Palembang there are many historic villages, one of which is the Sungai Lumpur Mosque Settlement which is an Arab ethnic village where this village has the potential as a tourist village. In this village there are public open spaces that have not been arranged and functioned optimally. In fact, when viewed from the surrounding conditions, this open space is surrounded by about 6-7 old houses that are around 300-400 years old. This is a potential that can be developed as a supporter of tourist areas. Therefore, it is necessary to empower the Sungai Lumpur Mosque Settlement community in planning and designing public open spaces that support residential and tourist areas. So it is hoped that the intention to make this area a tourist area can be achieved. The purpose of this service is to empower the potential that exists in this settlement and invite the community to plan and design public open spaces in accordance with the potential in the Sungai Lumpur 11 Ulu Mosque Settlement. The method used is by conducting field surveys, interviews and discussions with the community, analysis and design concepts, design drawings of public open spaces. So that later in this service, a public open space design will be obtained in accordance with the needs of the community and tourism and it is also hoped that the community will know the importance of the process in planning and designing public open spaces..

Key word : Public Open Space, Planning and designing, Tourism

Published
2022-04-20
Section
Articles