Implementasi Aplikasi Voucher Digital Sebagai Media Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang
Abstract
ABSTRAK: UMKM yakni usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil sebagai penyumbang PDB terbesar, paling banyak menyerap lapangan kerja, serta relatif tahan terhadap krisis keuangan. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini UMKM diharapkan terus bertahan guna menunjang roda perekonomian Indonesia. Para pelaku UMKM akan terus berusaha memaksimalkan penjualan produk usahanya dengan berbagai macam strategi dengan memanfaatkan inovasi-inovasi baru. Strategi dengan melakukan promosi produk sehingga menarik para konsumen untuk membeli. Salah satu strategi tersebut yaitu dengan memberikan voucher kepada kosumen. Kegunaan voucher adalah sebagai alat promosi barang ataupun jasa, biasanya diberikan kepada pelanggan sebagai bonus maupun hadiah. Pada tahun 2020 telah dilakukan penelitian dengan judul “Penambahan Fitur Voucher Digital Pada Aplikasi Mobile Media Promosi Elektronik Pelaku Usaha Di Kota Palembang” oleh Dosen Jurusan Teknik Elektro Unsri. Penelitian tersebut menghasilkan aplikasi yang terdapat fitur voucher digital. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Kota Palembang, maka diadakanlah suatu kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen Jurusan Teknik Elektro Unsri yaitu Implementasi Aplikasi Voucher Digital Sebagai Media Promosi UMKM Di Kota Palembang. Dengan harapan pengabdian ini akan bermanfaat bagi pelaku UMKM sebagai media promosi produk sehingga meningkatkan daya jual produk usahanya. Ada empat tahapan proses pendampingan pengabdian yang dilakukan, yaitu : persiapan aplikasi, penyebarkan informasi, implementasi, dan evaluasi.
Kata Kunci: Voucher Digital, UMKM, Aplikasi Mobile
ABSTRACT: UMKM are micro, small, and medium enterprises as businesses run by individuals, households, or small business entities as the largest contributor to GDP, absorb the most employment, and are relatively resistant to financial crises. During the current Covid-19 pandemic, UMKM are expected to continue to survive to support the wheels of the Indonesian economy. UMKM actors will continue to try to maximize sales of their business products with various strategies by utilizing new innovations. The strategy is to promote products so that they attract consumers to buy. One of these strategies is by giving vouchers to consumers. The use of vouchers is as a means of promoting goods or services, usually given to customers as bonuses or gifts. In 2020 a research was carried out with the title "Adding a Digital Voucher Feature on the Mobile Application for Electronic Promotional Media for Business Actors in Palembang City" by the Lecturer of the Electrical Engineering Department of Unsri. The research resulted in an application that has a digital voucher feature. The results of the research are expected to be used by UMKM actors in the city of Palembang, so a community service activity was held by the lecturer of the Department of Electrical Engineering Unsri, namely the Implementation of Digital Voucher Applications as Promotional Media for UMKM in Palembang City. With the hope that this service will be useful for UMKM actors as a product promotion media so as to increase the selling power of their business products. There are four stages of the service mentoring process carried out, namely: application preparation, information dissemination, implementation, and evaluation.
Keywords: Digital Vouchers, UMKM, Mobile Applications