Pemberdayaan Ekonomi Melalui Peningkatan Kompetensi Santri Dalam Pembuatan Media Dokumentasi Pada Pondok Pesantren Al Fath Desa Talang Keramat Banyuasin

  • Bhakti Yudho Suprapto Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Herlina Herlina Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Djulil Amri Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Sri Agustina Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Wirawan Adipradana Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Suci Dwijayanti Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: konten;, pondok pesantren, media, santri

Abstract

ABSTRAK: Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang bertujuan mendidik dan mencetak kader dakwah tentu membutuhkan sebuah metode dan media untuk menjalankan misinya. Metode dan media tersebut bukan hanya dimanfaatkan dalam menunjang kegiatan untuk mencapai tujuannya namun dapat pula untuk menjadi sarana penunjang operasional pondok pesantren tersebut. Untuk itu kegiatan ini dilakukan di pondok pesantren dalam rangka memberikan metode atau media yang dapat dimanfaatakan untuk membantu pondok pesantren tersebut mencapai tujuannya. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi yang dapat dimanfaatkan oleh peserta yang terdiri atas santri, tim Thoha TV, dan pengurus pondok pesantren. Hasil kegiatan ini telah beberapa yang diupload pada laman website. 

Kata Kunci: konten; pondok pesantren, media, santri

ABSTRACT: Islamic boarding school is an educational institution, both formal and non-formal, which aims to educate and produce da'wah cadres, of course, requires a method and media to carry out its mission. These methods and media are not only utilized in supporting activities to achieve their goals but can also be a means of supporting the operations of the Islamic boarding school. For this reason, this activity is carried out at Islamic boarding schools in order to provide methods or media that can be utilized to help these Islamic boarding schools achieve their goals. This activity was carried out by providing material that could be utilized by participants consisting of students, the Thoha TV team, and administrators of Islamic boarding schools. Some of the results of this activity have been uploaded on the website page..

Keywords: content; Islamic boarding schools, media, students

Published
2023-05-22
Section
Articles