Kewirausahaan Digital Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Di Era Globalisasi 3.0

  • Aulia Utami Putri Universitas Sriwijaya
  • Nengyanti Nengyanti Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • A Nasyaya Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • F S Musdalifah Ilmu Komunikasi,Universitas Sriwijaya, Palembang
  • A D Santoso Administrasi Publik, Universitas Sriwijaya, Palembang
Keywords: teknologi, platform digital, UMKM

Abstract

ABSTRAK: Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terhadap pelaku UMKM di Desa Pelabuhan Dalam, Kabupaten Ogan Ilir dalam memanfaatkan teknologi untuk usaha yang mereka jalankan. Pengabdian terbagi menjadi tiga tahapan yaitu analisis dan identifikasi masalah, identifikasi dan analisis permasalahan, pendampingan dan evaluasi. Proses identifikasi dan analisis permasalahan dilakukan melalui wawancara kepada masyarakat pelaku usaha dan aparat pemerintah desa dan menemukan tiga permasalahan utama yaitu kurangnya pemahaman masyarakat terhadap perkembangan teknologi, kesulitan dalam melakukan promosi (pemasaran), dan tidak ada keinginan untuk memanfaatkan platform digital untuk promosi usaha. Pendampingan dilakukan dengan memberikan empat materi yaitu macam-macam e-commerce, strategi pemasaran melalui e-commerce, pengenalan e-commerce, dan simulasi pendaftaran e-commerce. Kemudian hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil sebelum dan sesudah pendampingan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan tentang perkembangan teknologi, platform digital, dan cara melakukan promosi pada platform digital sebelum dan sesudah pendampingan diberikan.

Kata kunci: teknologi, platform digital, UMKM

ABSTRACT: This community service aims to provide knowledge to MSME actors in Pelabuhan Dalam Village, Ogan Ilir Regency in utilizing technology for the businesses they run. The service is divided into three stages, namely analysis and identification of problems, identification and analysis of problems, assistance and evaluation. The problem identification and analysis process was carried out through interviews with business community and village government officials and found three main problems, namely the lack of public understanding of technological developments, difficulties in conducting promotions (marketing), and no desire to use digital platforms for business promotion. Mentoring is done by providing four materials, namely various types of e-commerce, marketing strategies through e-commerce, introduction to e-commerce, and simulation of e-commerce registration. Then the evaluation results show that there are differences in the results before and after the mentoring so it can be concluded that there is an increase in knowledge about technological developments, digital platforms, and how to do promotions on digital platforms before and after mentoring is given.

Keywords: technology, digital platforms, MSME

Published
2024-01-24
Section
Articles