Pengenalan Peran Pasar Tradisional Bagi Masyarakat

  • L. Edhi Prasetya Pancasila University
  • Agus S Sadana Prodi Arsitektur, Universitas Pancasila, Jakarta
  • Ashri Prawesthi D Prodi Arsitektur, Universitas Pancasila, Jakarta
  • Diptya Anggita Prodi Arsitektur, Universitas Pancasila, Jakarta
Keywords: aktivitas masyarakat, pasar tradisional

Abstract

ABSTRAK: Tujuan dari penyuluhan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat arsitektur dan fasilitas maupun sarana kota dalam kehidupan sehari-hari. Penyuluhan ini mencakup keragaman jenis-jenis pasar di berbagai kota dan daerah yang menfasilitasi beragam kebutuhan masyarakat. Proses perencanaan kegiatan dimulai sebelum semester dimulai, dimatangkan di awal semester berjalan, sehingga materi yang disebarkan kepada masyarakat lebih siap pada saat memasuki periode pelaksanaan. Beberapa bagian dari materi penyuluhan ini juga dikaitkan dengan pengalaman dan diskusi permasalahan pasar yang dirasakan oleh anggota tim Dosen pemateri. Pelaksanaan penyuluhan dilakukan dengan dua media, yaitu media offline dan media online. Media offline yang digunakan adalah kartu pos atau postcard yang berisi berbagai foto sesuai tema, yaitu tema pasar tradisional, yang dibagikan langsung kepada masyarakat sasaran, baik secara personal maupun dalam kelompok kecil. Adapun materi pada media online dilaksanakan dengan memanfaatkan video singkat bermusik di platform media sosial populer seperti Reels di Instagram dan TikTok. Penggunaan media dan jenis medsos ini ditujukan agar materi dapat tersebar dengan lebih cepat, dapat diakses oleh masyarakat secara mandiri dalam jangkauan yang sangat luas hingga di tingkat nasional. Kata

Kunci: aktivitas masyarakat, pasar tradisional

ABSTRACT: The purpose of this counselling is to provide an understanding to the community about the benefits of architecture and city facilities and facilities in everyday life. This counselling covers the diversity of market types in various cities and regions that facilitate diverse community needs. The activity planning process begins before the semester starts to mature at the beginning of the current semester so that the material disseminated to the community is better prepared when entering the implementation period. Some parts of this extension material are also related to experiences and discussions of market problems experienced by teaching team members. The counselling is carried out using two media: offline and online. The offline media used is postcards or postcards containing various photos according to the theme; the traditional market theme is distributed directly to the target community, personally and in small groups. The material on online media is carried out using short videos with music on popular social media platforms such as Reels on Instagram and TikTok. The use of media and this type of social media is intended so that material can spread more quickly and can be accessed by the public independently in an extensive reach up to the national level.

Keywords: community activity, traditional market

Published
2024-08-20
Section
Articles