Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Untuk Pembuatan Pupuk Bokashi Di Desa Pipa Putih Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan

  • Budi Santoso Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Selpiana Selpiana Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Prahady, Prahady, Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Rahmatullah Rahmatullah Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Rizka W P Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya, Palembang
Keywords: Sekam Padi, Tungku Pembakaran, Pupuk Bokashi

Abstract

ABSTRAK: Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat telah dilakukan di Desa Pipa Putih Pemulutan Ogan Ilir. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara melatih dan mendampingi masyakarat sekitar dalam mengolah limbah sekam padi dari rumah penggilingan padi tradisional milik masyarakat yang ada di sekitar Desa Pipa Putih menjadi Pupuk Bokashi Padat. Dari kegiatan tersebut dapat dihasilkan 10 kilogram pupuk Bokashi Padat dari 15 kilogram limbah sekam padi yang telah dijadikan arang dengan tungku yang didesain khusus agar sekam tidak banyak terbakar menjadi abu. Arang sekam ini kemudian yang dicampur dengan 5 kilogram kotoran sapi, 5 liter air yang telah dicampurkan larutan biang Efektif Mikroorganisme (EM4) sebanyak 200 ml.

Kata Kunci: Sekam Padi , Tungku Pembakaran, Pupuk Bokashi

ABSTRACT: Community Service Activities have been carried out in Pipa Putih Village Pemulutan Ogan Ilir. This community service activity is carried out by training and assisting local communities in processing rice husk waste from traditional rice mills owned by the people around Pipa Putih Village is being converted to Bokashi Solid Fertilizer. From this activity, 10 kilograms of solid Bokashi fertilizer can be produced from 15 kilograms of rice husk waste that has been made into charcoal with a furnace that is specifically designed so that the husk does not burn as much as ash. This husk charcoal is then mixed with 5 kilograms of cow dung, 5 liters of water which has been mixed with an effective solution of Microorganism (EM4) as much as 200 ml.

Keywords: Rice Husk, Burning Stove, Bokashi Fertilizer

Published
2019-12-05
Section
Articles