Penyuluhan Cara Pengasuhan Anak Usia Dini Kepada Ibu-Ibu Orang Tuasiswa Paud Sekolah Alam Tunas Mulia Di Lingkungan Tpa Bantar Gebang Bekasi Jawa Barat

  • E. S Rahayu Teknik Elektro, Universitas Jayabaya, Jakarta
  • Esiyannera Esiyannera Psikologi, Universitas Jayabaya, Jakarta
Keywords: Pengasuhan anak usia dini, keterbatasan sosial ekonomi, hak pendidikan anak, pilihan sikap positif

Abstract

ABSTRAK: Orang tua siswa Sekolah Alam Tunas Mulia di lingkunganTempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang Bekasi Jawa Barat adalah komunitas yang sebagian besar berprofesi sebagai pemulung dan tinggal di hunian yang disebut sebagai “rumah kardus”. Dalam mengatasi masalah akibat keterbatasan sosial ekonomi di lingkungan tersebut, dibutuhkan pendampingan khususnya dalam hal cara pengasuhan anak agar hak-hak anak untuk diperlakukan dengan baik oleh lingkungannya dapat terpenuhi sehingga mampu mengurangi dampak permasalahan yang akan menurunkan kualitas generasi yang akan datang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan masyarakat sasaran adalah ibu-ibu siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), difokuskan pada penyuluhan tentang cara mengasuh anak-anak usia dini dengan memperhatikan lingkungan sosial ekonomi di wilayah tersebut. Tujuan kegiatan yang akan dicapai adalah membuka wawasan tentang pilihan-pilihan sikap positif dalam berkomunikasi untuk mengasuh anak-anak usia dini serta mendorong sikap optimisme dalam mengatasi permasalahan yang timbul akibat berbagai keterbatasan sosial ekonomi di lingkungan wilayah TPA Bantar Gebang.Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pengisian kuestioner pada saat sebelum dan sesudah kegiatan untuk mengukur keberhasilan kegiatan serta ceramah tentang cara-cara Pengasuhan Anak-anak Usia Dini di lingkungan TPA Bantar Gebang, kegiatan interaksi dengan siswa PAUD melalui permainan di ruang bebas juga dilaksanakan. Evaluasi untuk menyatakan keberhasilan kegiatan penyuluhan berupa analisis terhadap hasil jawaban 5 pertanyaan kuesioner yang diberikan ke masyarakat sasaran sejumlah 25 peserta, mampu menggambarkan pencapaian tujuan dengan hasil penurunan tingkat kesalahan memilih jawaban dari 76% menjadi 24 %, sedangkan peningkatan menjawab dengan benar dari 27% menjadi 73%. Hal ini cukup mampu menunjukkan bahwa peserta penyuluhan mengalami peningkatan pemahaman tentang cara pengasuhan yang seharusnya diterapkan.

Kata Kunci: Pengasuhan anak usia dini, keterbatasan sosial ekonomi, hak pendidikan anak, pilihan sikap positif

ABSTRACT: Parents of the Sekolah Alam Tunas Mulia students in the TPA Bantar Gebang Bekasi West Java are communities that mostly work as scavengers and live in dwellings called "rumah kardus". In overcoming problems due to socio-economic limitations in the environment, assistance is needed in particular in terms of how to care for children so that children's rights to be treated well by their environment can be fulfilled so as to reduce the impact of problems that will reduce the quality of future generations.Community service activities with target communities are mothers of Early Childhood Education (PAUD) levels, focused on counseling on how to care for young children by paying attention to the socio-economic environment in the region. The purpose of the activity to be achieved is to open up insights on the choices for a positive attitude in communication to care for young children and to encourage optimism in overcoming problems arising from various socio-economic limitations in the TPA Bantar Gebang area. The method of implementing the activities included filling out the questionnaire before and after the activity to measure the success of the activity as well as a lecture on ways to care for children of early age in the TPA Bantar Gebang, interaction activities with PAUD students through games in free space were also carried out. An evaluation to state the success of extension activities in the form of an analysis of the results of the answers to the 5 questionnaire questions given to the target community of 25 participants, was able to describe the achievement of objectives with the results of a decrease in the error rate of choosing answers from 76% to 24%, while an increase in answering correctly from 27% to 73%. This is quite able to show that the education participants experienced an increase in understanding of how care should be applied.

Keywords: early childhood care; socioeconomic limitations; children's educational rights; positive attitude choices

Published
2019-12-05
Section
Articles