PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI YANG INOVATIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BEKEL DAN KELERENG

  • Fauzi Mulyatna Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Arfatin Nurrahmah Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Seruni Seruni Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
Keywords: Inovasi, Permainan Tradisional, Bekel, Kelereng

Abstract

ABSTRAK: Siswa pada tingkatan SD/MI harus memiliki kemampuan berhitung. Kemampuan tersebut akan diperoleh setelah mendapatkan pembelajaran pada materi bilangan dan operasi hitung. Dalam mengasah dan meningkatkan kemampuan berhitung siswa, maka guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Inovasi yang mampu menumbuhkan minat siswa untuk belajar. Namun pada kenyataannya, guru masih merasa kesulitan dalam menumbuhkan minat siswa untuk belajar matematika. Hal ini disebabkan, guru kurang menguasai metode, model, media ataupun pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, dengan mengadakan pelatihan mengenai pembelajaran matematika SD/MI yang inovatif melalui pendekatan permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan permainan yang bersifat turun temurun. Dalam pelatihan ini difokuskan pada permainan tradisional bekel dan kelereng yang di dalamnya dikaitkan dengan konsep matematika. Sehingga permainan tradisional dipadukan dengan permainan matematika. Di sisi lain, permainan matematika adalah suatu kegiatan yang menyenangkan (mengembirakan) yang dapat menunjang tercapainya tujuan instruksional dalam pengajaran matematika, baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Metode pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi empat tahapan, yaitu pendahuluan, sosialisasi dan audiensi, pelaksanaan, dan evalusai. Peserta dari pelatihan ini adalah guru di lingkungan Kelompok Kerja MI Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hasil dari kegiatan ini adalah guru dapat mengimplementasikan permainan tradisional bekel dan kelereng di kelas dalam berbagai tema pada jenjang SD/MI saat proses belajar mengajar. Selain itu, guru dapat mengembangkan sendiri rancangan pembelajaran menggunakan pendekatan permainan tradisional hingga membuat soal-soal yang berkaitan dengan materi matematika. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan, inovasi pembelajaran matematika SD/MI melalui pendekatan permainan tradisional bekel dan kelereng dapat membantu guru untuk mengenalkan konsep bilangan dan meningkatkan kemampuan berhitung siswa.

Kata Kunci: Inovasi, Permainan Tradisional, Bekel, Kelereng

ABSTRACT: Students at SD/MI level must have numeracy skills. These abilities will be obtained after learning the material on numbers and arithmetic operations. In sharpening and improving students' numeracy skills, the teacher needs to make an innovation in learning. Innovation that is able to foster students’ interest in learning. But in reality, teachers still find it difficult to foster students’ interest in learning mathematics. This is due to the teachers’ lack of fun and innovative mastery of methods, models, media or learning approaches. One solution to overcome these problems is to conduct training on innovative SD/MI mathematics learning through traditional game approaches. Traditional games are hereditary. This training is focused on traditional game, bekel and marbles, in which are associated with mathematical concepts. So that traditional games are integrated with mathematical games. On the other hand, mathematics game is a fun (encouraging) activity that can support the achievement of instructional goals in teaching mathematics, such as cognitive, affective and psychomotor aspects. The method of implementing this activity is divided into four stages, such as introduction, socialization and audience, implementation, and evaluation.. Participants in this training are teachers in the MI Working Group in the Jagakarsa District, South Jakarta. The result of this activity is the teacher can implement traditional games of bekel and marbles in the classroom on various themes at the SD/MI level during the teaching and learning process. In addition, teachers can develop their own learning designs using traditional game approaches to make questions related to mathematical material. Based on the results of the activities carried out, SD/MI mathematics learning innovations through the traditional game of bekel and marbles can help teachers to introduce the concept of numbers and improve students' numeracy skills.

Keywords: Innovation, Traditional Games, Bekel, Marbles

Published
2020-08-01
Section
Articles