Analisa performance ammonia converter pabrik pupuk sebelum dan sesudah turn around (TA)

  • David Bahrin Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Indira Nur Sakinah Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Farra Unzilah Kendari Putri Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Keywords: ammonia converter, perfomance, analisa

Abstract

Ammonia converter merupakan salah satu alat penting dalam produksi amoniak khususnya di Unit Amoniak Pabrik Pupuk. Performance reaktor ammonia converter mempengaruhi produktivitas dan efisiensi di pabrik amoniak dilihat dari peningkatan produksi NH3 yang di dapat dari hasil keluaran ammonia converter. Analisa performance dilakukan menggunakan simulasi aspen hysys 3.2. dengan prinsip perhitungan secara kesetimbangan dan kinetika. Hasil analisa pun akan dibandingkan sebelum dan sesudah Turn Around (TA). Berdasarkan teknik proses pada pabrik pupuk, hasil konversi dihitung menggunakan Microsoft Excel karena tidak terdapat data aktual untuk flowrate. Didapatkan hasil konversi sebelum TA yaitu konversi N2 sebesar 25,7088% dan konversi H2 sebesar 25,8984%. Hasil konversi untuk data setelah turn around yaitu konversi N2 sebesar 25,6191% dan konversi H2 sebesar 26,0366%. Penggantian katalis dan pengecekan operasi alat pada saat TA yang membuat kondisi operasi ammonia converter lebih membaik dibandingkan sebelum TA. Beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi yaitu temperatur inlet, tekanan inlet, dan rasio H2/N22.

References

Abdullah. A. 2010. Evaluasi Kinerja dan Proses Produksi Amonia. (Online): www.pusri.co.id/ina/amonia-proses-produksi-amonia/(accessed 21.02.18)
Felder, R. M. 1986. Elementary Principles of Chemical Processes 2th edition. New York: John Wiley & Sons.
Levenspiel, O. 1962. Chemical Reaction Engineering 3th edition. New York: Mc.Graw Hill Book Company.
Lide, D. R. 1913. CRC Handbook of Chemistry and Physics. New York: CRC Press LLC.
Perry, R. H. 1996. Chemical Engineering Handbook 7th edition. New York: Mc.Graw Hill Book Company.
Pyzhev, V., dan Temkin. 1940. Kinetics of the Synthesis of Ammonia on Promoted Iron Catalysts. USSR: Jour Phys Chem. Smith, J. M., et al. 2005. Introduction to Chemical Engineering Thermodynamics 7th Edition. Singapore: Mc.Graw Hill Book Company. Anonim. PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) Prekdiksi Pergantian Katalis Ammonia Converter Pada Pabrik Ammonia. http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/JSTR/article/view/188/(accessed 17.02.18
Published
2019-03-01