PENERAPAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA PT. X DI KABUPATEN LAHAT

  • E. Oktarinasari Universitas Sriwijaya
  • M. Yusuf Universitas Sriwijaya
  • T. Arief Universitas Sriwijaya
Keywords: Industri Pertambangan, CSR, Penerapan Program CSR

Abstract

Kegiatan industri pertambangan selalu dikaitkan dengan corporate sosial responsibility terhadap masyarakat di sekitar penambangan. Program CSR ini dalam penerapannya di dunia pertambangan terdiri dari lima aspek yaitu hubungan komunitas, pemberdayaan masyarakat, pengembangan struktur, bencana alam dan lingkungan, serta aspek operasional. PT.X adalah perusahaan yang telah melaksanakan program CSR yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui penerapan program CSR yang dilaksanakan perusahaan tambang PT.X di Kabupaten Lahat. Penerapan CSR penting untuk diteliti dikarenakan saat ini CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan pertambangan menberikan banyak manfaat positif bagi masyarakat. Selain itu juga, penerapan CSR dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan dari perusahaan yang telah melaksanakan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif untuk nantinya dapat ditentukan data apa saja yang diidentikasi dan diolah. Adapun data yang didapatkan pada program CSR oleh perusahaan PT. X terdiri dari data hubungan dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan infrastruktur, bencana alam dan lingkungan serta operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kelima aspek tersebut, PT.X telah menjalankan penerapan program CSR sesuai dengan arahan dari pemerintah dan bekerja sama dengan pihak Bappeda dalam penyaluran CSR. Sehingga dari penerapan program CSR oleh PT.X dapat memberikan peran serta kontribusi bagi masyarakat sekitar.

References

[1] Pradipta, S. (2013). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Skripsi, Universitas Darma Yogyakarta.

[2] Yustisia, S.,D.(2013). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Sikap Komunitas Pada Program Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi (JIK), 3( 2), 106-130.

[3] Mardikanto, T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility) Tanggung Jawab Koorporasi. Bandung : Alfabeta.

[4] Prima, D, I. (2014). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Di Bidang Pertambangan Bauksit PT. Kereta Kencana Bangun Perkasa Terhadap Lingkungan Dan Masyarakat Kota Tanjung pinang. Jurnal online mahasiswa fakultas hukum universitas riau,1(2).

[5] Putra, D., J. (2013). Persepsi Masyarakat Terhadap Program Corporate Social Responsibility Sebagai Bentuk Pertanggung jawaban Sosial Perusahaan Pada PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit Iv Cilacap. Skripsi: Program Studi Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi : Universitas Negeri Yogyakarta.

[6] Julianda, H. (2013). Implementasi Corporate Social Responsibility pada PT. Markuni Internasional Indonesia. Skripsi, Universitas Hasanuddin.

[7] Sugiyono. (2015). CSR Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alvabeta.

[8] Untung, B. (2014). CSR Dunia Bisnis. Yogyakarta : Andi.

[9]Luthfi.,A. (2015). Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia Tbk Dan Dampaknya Terhadap Keberdayaan Masyarakat. Jurnal pancaran, 4(5) ,115-134.

[10]Ginanjar, I.K. (2018). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Csr) PT. Antam, Tbk (Studi Literatur Aspek Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 2(1).
Published
2021-06-18
Section
Articles