MULTI STAGE OPTIMIZATION PEMILIHAN METODE PENGIRIMAN DAN KAPAL ANGKUT UNTUK PEMASOKAN BATUBARA PLTU

  • Hariono . Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • W. R. Awaliah Universitas Halu Oleo
Keywords: multi stage optimization, metode pengiriman batubara, kapal angkut batubara

Abstract

Angka pertumbuhan, sektor industri pengolahan mengalami pertumbuhan paling tinggi yakni 9,13% pada tahun 2019 atau sebesar 7,6% rata-rata tahun 2015-2019 lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan PDRB Sulawesi Tenggara (SULTRA). Investasi PMA di Sulawesi Tenggara didominasi oleh proyek peleburan logam (smelter) yang membutuhkan pasokan energi listrik yang tinggi. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2019-2028 telah memasukkan rencana pembangunan Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batubara yang akan dibangun di Sulawesi Tenggara dengan total kapasitas sebesar 540 MW. Permasalahan klasik yang terjadi adalah bagaimana menjamin rantai pasokan batubara yang aman dan murah bagi PLTU baik yang telah beroperasi maupun yang akan dibangun tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memilih pemasok, kapal angkut, sekaligus metode pengiriman terbaik yang menghasilkan biaya total terendah dan selanjutnya dibuat jadwal pengiriman untuk memastikan jaminan pasokan batubara bagi PLTU di Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan dalam proses optimasi adalah Metode Pemrograman Linear yang dilakukan secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memasukkan variabel metode pengiriman ke dalam model maka terdapat pilihan solusi yang lebih banyak yang dapat menghasilkan fungsi tujuan yang optimum, penggunaan metode optimasi bertahap dapat mengurangi kerumitan dalam penyelesaian masalah dan iterasi dalam proses optimasi. Hasil optimasi menunjukkan bahwa metode pengiriman Milk Runs memberikan total biaya minimum dengan kapal angkut K3, serta pemasok yang terpilih adalah CS21.

References

[1] Hariono. (2017). Coal Chain Modelling untuk PLTU di Pulau-Pulau Kecil Indonesia: Studi Kasus Provinsi Sulawesi. Tesis, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan : Institut Teknologi Bandung.

[2] Wibowo, A. P. dan Hariono. (2017). The Influence of Types of Ships and Changes of Coal Reference Prices on Selection of Coal Suppliers for Steam Coal Power Plant in Small Islands in Southeast Sulawesi: A Form of Direct Shipment Supply Chain Modeling. Prosiding Temu Profesi Tahunan (TPT) ke-XXVI Tahun 2017, Balikpapan: Perhimpunan Ahli Pertambangan indonesia Keberpihakan Pemangku.

[3] Idayani, D., dan Subchan, S., (2020), Optimal Control of Multi-Supplier Inventory Management with Lead Time, International Journal of Computing Science and Applied Mathematics, 6(1), 23-32.

[4] Atashbar, N.Z., Labadie. L., and Prins, C., (2018). Modelling and optimisation of biomass supply chains: a review, Int. J. Prod. Res., 56(10), 3482–3506.

[5] Bhattacharya, R., Kaur, A., and Amit, R.K., (2018). Price optimization of multi-stage remanufacturing in a closed loop supply chain. J. Clean. Prod., 186, 943–962.

[6] Bortolini, M., Accorsi, R., Gamberi, M., and Pilati, F., (2019), A model to enhance the penetration of the renewables to power multistage food supply chains, Sustainable Food Supply Chain. Department of Industrial Engineering University of Bologna, Italia.

[7] Sarwani, M.Z., Rahmi, A., dan Mahmudy, W.F., (2017), An adaptive genetic algorithm for cost optimization of multi-stage supply chain, J. Telecommun. Electron. Comput. Eng., 9(2-7), 155–160.

[8] Bahrampour. P, Safari. M, Taraghdari. M. B., (2016), Modeling Multi-Product Multi-Stage Supply Chain Network Design. Procedia Economic and Finance., 36, 70-80.

[9] P. L. Anjani, (2016), Model Optimasi Pemenuhan Kebutuhan Pasokan dan Penentuan Spesifikasi Batubara untuk Rencana Pembangunan PLTU di Indonesia, Tesis, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan : Institut Teknologi Bandung.

[10] Choi, T.M., Govindan, K., Li, X., Li, Y., (2017), Innovative supply chain optimization models with multiple uncertainty factors. Annals Operations Research Journal., 257, 1-14.
Published
2022-01-24
Section
Articles