INTERPRETASI PEMETAAN STRUKTUR KELURUSAN DARI DATA LANDSAT 8 SEBAGAI INDIKASI POTENSI SUMBERDAYA CBM

  • Kgs M.R. Ramadhan Universitas Sriwijaya
  • E. Ibrahim Universitas Sriwijaya
  • A. Suherman Universitas Sriwijaya
Keywords: CBM, Pemetaan, Kelurusan, Landsat-8 OLI/TIRS

Abstract

Coal Bed Methane atau disingkat menjadi CBM merupakan gas yang terbentuk dan terperangkap di dalam lapisan batubara. CBM memiliki potensi ekonomi yang bagus karena dapat dikonversikan menjadi energi listrik atau disalurkan melalui pipa untuk pemanfaatan lainnya. Indonesia diperkirakan memiliki cadangan CBM sebesar 453 TCF sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi dengan cadangan batubara terbesar di Indonesia sehingga mengindikasikan bahwa potensi sumberdaya CBM juga melimpah. Tujuan penelitian ini adalah menetukan indikator pada area yang berpotensi mengandung sumberdaya CBM berdasarkan struktur kelurusan dengan melakukan interpretasi dari data citra Satelit Landsat-8 dan memprediksi area yang berpotensi mengandung sumberdaya gas CBM di wilayah penelitian. Penelitian dilakukan dengan cara survei lapangan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Hasil penelitian potensi CBM dengan melihat pada indikator kelurusan geologi menunjukkan bahwa wilayah penelitian memiliki potensi CBM. Hal ini terlihat dari terdapatnya wilayah dengan densitas kelurusan yang tinggi dengan nilai sebesar 2,711/km2 – 5,121/km2 yang artinya memiliki permeabilitas tinggi yang berkembang dengan baik. Permeabilitas yang baik akan meningkatkan jumlah gas CBM yang terperangkap karena terdapatnya ruang yang dapat diisi oleh gas CBM.

References

[1] Djohor, DS., dan Pramudito, H. (2017). Karakteristik Batubara Formasi Warukin Dalam Pembentukan Cbm Di Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lemlit, 2 (1): 14-26.

[2] Moore, TA. (2012). Coalbed Methane: A Review. International Journal of Coal Geology 101: 36-81.

[3] Hamdani, AH., Sudrajat, A., Sukiyah, E. (2014). The Identification of CBM Sweet Spot Area of Sajau Coal in Berau Basin based on Remote Sensing, International Journal of Science and Research, 3(2), 338-341.

[4] Thakur, P., Schatzel, S., and Aminian, K. (2014). Coal Bed Metahane, From Prospect to Pipeline. Elsevier : USA.

[5] Maulana, T. dan Anggara, F. (2016). Hubungan Sistem Cleat Dengan Permeabilitas Batubara Peringkat Rendah, Pada Tambang Banko Barat, Muara Enim, Sumatera Selatan. Proceeding, Seminar Nasional Kebumian Ke-9 Peran Penelitian Ilmu Kebumian Dalam Pemberdayaan Masyarakat 6 - 7 Oktober 2016; Grha Sabha Pramana.

[6] Suprianto, A., Prasetyono, D., Hardianto, A.S., Labib, M.A., Efendi, S., Hidayat, K., Triyono, J.A., dan Ahmad, A.A. (2017). Identifikasi Hubungan Kelurusan dan Lorong Gua Karst di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Prosiding: Seminar Nasional Geotik 2017. Hal. 20-30. ISSN: 2580-8796.

[7] Murasingh, S. and Jha, R. (2013). Identification of Groundwater Potential Zones Using Remote Sensing and GIS in A Mine Area of Odisha. Makalah disajikan dalam National Conference on Recent Approaches To Water Resource Management, Dhanbad, India: Indian School of Mines.

[8] Chengye, Z., Qiming, Q., Li, C., Nan, W., Yanbing, B., Shanshan, Z., (2014). Hyperspectral Remote Sensing for Coal-Bed Methane Exploration. Conference: IEEE International Geoscience and Remote Sensing Symposium (IGARSS) 2014.

[9] Pratiwi, R., Nugroho, H., Widiarso, D. A., Lesmana, R., (2013). Pengaruh Struktur Dan Tektonik Dalam Prediksi Potensi Coalbed Methane Seam Pangadang-A, Di Lapangan “Dipa”, Cekungan Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Geological Engineering E-Journal, 5 (2): 417-433.

[10] Guibao, M. Y. F. F. X. Z. B., (2008). Remote Sensing Application in Higher Permeability Area Prediction of Coal Bed Methane. The International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Science. Vol XXXVII. Part B8.

[11] Ibrahim, MA. dan Widhiyatna, D. (2017). Karakteristik Rekahan Batubara pada Eksplorasi Gas Metana Batubara di Cekungan Ombilin, Provinsi Sumatera Barat. Buletin Sumberdaya Geologi Volume 12 No 2, Hal 39-53.
Published
2021-06-16
Section
Articles